SpeednRide.com – Pertamina Lubricants, baru saja mengadakan acara nonton bareng (Nobar) MotoGP™ Valencia 2023 bersama beberapa komunitas motor yang ada di Jakarta.

Acara ini menjadi bagian dari perjalanan kerjasama Pertamina Enduro, pelumas unggulan Pertamina Lubricants untuk segmen roda 2, bersama tim balap VR46.
Seperti diketahui, Pertamina Enduro akan menjadi sponsor utama dengan nama Pertamina Enduro VR46 MotoGP Team pada MotoGP™ musim 2024 – 2026.

Acara nobar ini diawali dengan city ride mengelilingi Jakarta selama 30 menit dan diikuti oleh 200 lebih pecinta otomotif dari lebih dari 10 komunitas roda dua seperti RX King Indonesia, Mionizer, CBR Bekasi dan CBR Riders Club Jakarta.

Acara lalu dilanjutkan dengan sebuah sesi talk show dengan berbagai influencers di bidang otomotif, untuk berbincang-bincang mengenai tips and tricks touring serta diskusi seru terkait dengan pemilihan oli yang tepat untuk beragam motor di motor harian, motor balap atau motor modifikasi.

Sebagai salah satu riders wanita dengan banyak pengalaman, Sintya Mariska berbagi pengalaman untuk wanita yang ingin terjun dalam dunia otomotif dan memulai hobi touring dalam sesi talk show.

“Selain harus kenal dengan motor yang dikendarai, semua harus dipersiapkan dengan matang, mulai dari pakaian keselamatan, perlengkapan darurat, perencanaan rute, hingga perawatan motor seperti periksa ban, oli, dan pastikan tangki bahan bakar terisi penuh,” tuturnya.

Senada dengan Sintya, Brand SEO (Small Engine Oil) Manager Pertamina Lubricants Aribowo Santosa menekankan bahwa pengendara wajib cek segala komponen motor. Hal ini akan membantu menghindari masalah teknis di tengah perjalanan.

Contohnya, salah memilih oli untuk touring motor dapat memiliki dampak negatif seperti meningkatnya suhu mesin, pelumasan yang tidak optimal sehingga terjadi gesekan berlebih, keausan komponen lebih cepat pada piston, camshaft serta bearing dan secara keseluruhan membuat perjalanan tidak nyaman.

Penggemar modifikasi motor Okky Adams juga menyampaikan bahwa pemilihan oli juga menjadi salah satu faktor penting dalam merawat motor modifikasi.

“Kita harus tau modifikasi seperti apa yang dilakukan dan memperhatikan spesifikasi mesin, kemudian pilih oli yang sesuai dengan kondisi penggunaan dan kebutuhan modifikasi,” imbuhnya.

Motovlogger dan content creater seputar dunia otomotif dan touring, Raka Pranaya dari TheJakartaRoads menambahkan, pengendara harus perhatikan spesifikasi motor, kondisi jalan yang akan dilalui dan jangan lupa cek perkiraan cuaca.

“Kemudian pilih oli yang mampu melindungi mesin dari berbagai suhu sampai yang ekstrim sekalipun karena oli yang tepat akan memberikan perlindungan ekstra pada perjalanan jarak jauh,” tutur Raka.

Pertamina Enduro pun memiliki formulasi yang canggih untuk ketahanan motor, dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal pada mesin, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan memperpanjang umur mesin.

“Kami memiliki 8 varian oli mesin dan 1 oli gardan mulai dari Enduro 4T, Enduro 4T Sport, Enduro 4T Racing, Enduro Matic Series, sampai Enduro Gear. Semua varian oli kami telah disesuaikan dengan setiap teknologi mesin motor,” pungkas Aribowo.

Nobar bersama komunitas ini sudah dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia antara lain di Yogyakarta untuk Malaysian GP dan Surabaya untuk Australian GP, Makassar untuk De Catalunya GP, dan di Jakarta untuk Japan GP. (EPS)