Speednride.com- Mazda CX-60 sudah melantai di Indonesia dengan segala kemewahan dan ciri khas Mazda Jepang. Dua tipe yang dipasarkan adalah tipe Kuro dan tipe Elite. Jika awak media lain sudah mencoba hingga 600 kilometer ke Semarang, kami lebih memilih untuk mengujinya di dalam kota yang cukup padat.

Sebelum memulai perjalanan, SUV ini juga cukup menarik. Terdapat Driver Personalization System. Berkat ini pengendara bisa mendapatkan posisi duduk ideal dengan memasukkan tinggi badan ke sistem kendaraan. Bila posisi terbaik sudah didapatkan maka bisa disimpan sehingga kursi bisa langsung menyesuaikan otomatis saat pengemudi duduk kembali.

Mobil bisa mengenali pengemudi berkat kamera di dalam kabin serta secara otomatis menempatkan posisi duduk yang sudah disimpan sebelumnya. Kursi pengemudi dan penumpang depan juga telah dilengkapi oleh lubang udara. Berkat ini maka rasa gerah selama melakukan perjalanan bisa diminimalisir.

Kami mengawali dengan mode normal. Memang buat di Tengah kemacetan ibu kota, mobil ini terasa kurang pas saat stop n go. Terasa seperti nanggung, saat katup piston mulai terbuka tapi harus sudah  menutup lagi.

Di atas kertas, All New Mazda CX-60 dibenamkan mesin mild hybrid berkapasitas 3.283 cc yang dapat mengeluarkan tenaga 280 hp dan torsi puncak 450 Nm. Tenaga mesin disalurkan ke roda setiap roda menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan.

Mobil ini lebih mengutamakan driver oriented. Selayaknya membawa MX 5, SUV bongsor yang elegan tersebut nikmat sekali dikendarai dengan kecepatan tinggi dan mode Sport. Seluruh tenaganya melontar responsive dan merata setiap perpindahan transmisi yang selalu mengisi.

Jambakan akselerasi sebesar 450 Newton meter mendukung gaya berkendara agresif di semua putaran. Tenaga maksimalnya yang mencapai 280 tenaga kuda juga membuat mobil ini bisa dikebut dengan kecepatan tinggi.

Mazda CX-60 juga menawarkan tiga mode berkendara yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan rute yang dilewati. Ketiga mode berkendara ini antara lain Normal, Sport, dan Offroad.

Mode berkendara ini mengintegrasikan pengendalian powertrain, sistem rem, dan AWD untuk mengoptimalkan distribusi daya ke roda sesuai dengan persyaratan mode yang dipilih.

Untuk berkendara di dalam kota dengan lalu lintas keseharian, mode normal layak menjadi pilihan karena juga mendukung efisiensi konsumsi bahan bakar. Sedangkan ketika menemui jalur menanjak dan jalanan rusak, pengemudi bisa berpindah ke mode offroad yang menawarkan dorongan tenaga lebih. Bahkan di tanjakan ekstrem sekalipun, mobil tetap nyaman karena konfigurasi mesin dan AWD yang sudah diset otomatis.

Saat melewati jalan tol, kami mencoba berpindah ke mode sport. Benar saja, seketika terdengar perbedaan raungan mesin yang lebih gahar. Respons mesin saat berakselerasi juga lebih optimal sehingga menawarkan kesan layaknya menggeber sports car. Akselerasi dari 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu singkat hanya dalam waktu 7 detik.

Berstatus sebagai mobil yang mengincar target ‘orang kaya’, tentunya Mazda CX-60 juga sangat memperhatikan keselamatan. Teknologi keselamatan yang ada pada mobil ini terbilang canggih yakni sistem i-Activsense yang dilengkapi dengan berbagai perangkat pendeteksian jarak jauh, serta memastikan pemantauan 360 derajat sekitar kendaraan.

Di bagian interior, pengemudi dan penumpang akan disuguhkan sentuhan kemewahan, modern, futuristik, dan elegan. Kabin CX-60 dibuat dengan nuansa yang mewah melalui kulit nappa di jok, serta paduan material premium seperti tekstil tenun dan kayu maple. Kontrol kendaraan juga disematkan pada bagian tengah dengan menyajikan konsep ergonomis.

Salah satu keunikan dari mobil ini adalah fitur Driver Personalization System, yang dapat secara otomatis mengatur posisi mengemudi hanya dengan memasukan data tinggi badan pengemudi. Kursi pengemudi nantinya akan secara otomatis mengatur posisi ideal, setir, spion samping dan heads-up display, menyesuaikan ukuran badan.

Teknologi ini juga menyimpan preferensi pengemudi untuk suhu dalam kabin, pengaturan sound system, dan sistem keselamatan aktif i-Activsense. Teknologi ini juga membuktikan komitmen Mazda menghadirkan mobil yang bisa terhubung dengan pengemudi, terutama hubungan dalam aspek keselamatan dan kenyamanan.

Wajar saja, Mazda CX-60 merupakan mobil yang diperuntukkan bagi pengusaha muda yang ingin menyetir sendiri alias tanpa sopir. Mazda CX-60 saat ini tersedia dalam dua varian yakni Kuro Edition dan Elite Edition. Soal harga, keduanya sama saja yakni Rp1,188 miliar (on the road DKI Jakarta). So buat eksekutif muda pencinta SUV, Mazda CX-60 bisa jadi opsi yang menarik.