Speednride.com- MG5 GT memang sudah diluncurkan sejak 2021 silam. Kabarnya, sedan 4 pintu coupe ini mengasyikkan untuk jiwa muda. Alhasil kami pun baru mencoba mobil ini yang memilki aura elegan dan sporty.

Warna kuning yang kami bawa memang sedikit mirip dengan warna milik AMG GT-S. Hal ini sudah membuat mobil sangat menarik perhatian di jalanan. Tarikan garis-garis bodi yang tegas mengesankan mobil sporty juga cukup membuat pengendara lain meliriknya. MG5 GT mengusung desain eksterior baru dengan nama Third Generation MG Family Design Language.

Interior mobil asal Inggris ini juga cukup luas dengan gaya sporty di beberapa sisi. Posisi duduk di kursi pengemudi cukup nyaman karena sudah dapat pengaturan elektrik dengan 6 posisi. Asyiknya lagi, MG5 GT memanjakan pengemudi maupun penumpang dengan infotainment Display dengan layar sentuh berukuran 10,3 inci  terletak di bagian tengah dashboard dengan tombol-tombol yang mudah dijangkau. Sayangnya, pengaturannya hanya standar seperti koneksi gadget dan bluetooth.

Pengemudi dapat memantau kecepatan maupun informasi lainnya cukup mudah dengan hadirnya 7 inch Digital Instrument Cluster. Disana terdapat informasi Dynamic Range, Efficiency Dynamic hingga g-force layaknya mobil sport.

Kami mulai menghidupkan mesin dengan menekan tombol star/stop engine. Suara mesinnya cukup halus. MG5 GT yang mengusung mesin 1.498 cc DOHC 4 Cylinder 16 Valve VTi-TECH dengan tenaga 114 hp/6.000 rpm dan torsi puncak 150 Nm/4.500 rpm. Dikombinasi transmisi CVT 8 Speed automatic trasmission.

Saat diajak untuk dikendarai di dalam kota, mobil ini terbilang masih enak dan mudah dikendalikan. Saat stop n go, ia ada sedikit delay ketika pedal gas mulai diinjak kembali. Sedan bergaya coupe ini memang tidak terlalu pas jika digunakan kebut-kebutan. Namun, ia lebih asyik dikendarai dengan santai di dalam kota untuk menarik perhatian.

Kami coba injak pedal gas lebih dalam, MG5 GT melesat cepat dan terasa enteng tarikannya. Begitu pun ketika transmisi dipindah ke mode ‘S’, raungan mobil jadi lebih terasa meski hanya suara saja tidak seasyik sportscar sebenarnya.

Pada saat melintas di jalan bergelombang bantingan suspensi masih cukup nyaman. MG5 GT ini suspensi depan menggunakan Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar dan suspensi belakang menggunakan Torsion Beam.

Dibanderol Rp 407.9 juta (on the road) Jakarta, MG5 GT telah dilengkapi dengan segudang fitur keamanan canggih, seperti EPB (Electronic Parking Brake), AVH (Auto Vehicle Hold), ABS & EBD, EBA (Electronic Brake Assist), XDS (Electronic Differential System), SCS (Stability Control System), HSA (Hill Start Assist System) dan masih banyak lagi fitur-fitur keselamatan lainnya.

Video lengkapnya bisa disaksikan di channel youtube Speednride