SpeednRide.com- Julian Johan siap melibas  Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023. Ia mengandalkan Lexus LX570 yang sudah dimodifikasi sepenuhnya. Pria yang akrab disapa Jeje ini menyebutkan biaya modifikasinya pun mencapai Rp1 miliar.

“Estimasi membangun Lexus LX570 ini Rp1 miliar, di luar harga mobilnya ya. Mobil ini sudah mulai dibangun dari tahun lalu untuk mengejar persiapan bulan Agustus mendatang,” katanya sela konferensi pers Jejelogy GHP di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Salah satu bagian modifikasi termahal di Lexus LX570 yang akan terjun di AXCR 2023 ini adalah pengurangan bobot dan penggantian kaki-kaki.

“Jadi bodi banyak diganti karbon seperti bumper, fender, pintu samping, pintu belakang, sampai kap mesin. Interiornya semua dilepas sampai sisa di dasbornya saja untuk memasang komponen penunjang,” kata Julian Johan.

Jeje menggunakan komponen modifikasi kaki-kaki milik Toyota Tundra. Menurutnya banyak tim balap di Rally Dakar yang menggunakan Land Cruiser 200 series atau Lexus LX570 ini yang memakai komponen tersebut. Bahkan kaki-kakinya pun serupa dengan Toyota Tundra yang lumrah ditemui di pasar Amerika Serikat.

“Kaki-kaki itu pakai shockbreaker coilover King Shocks dengan kombinasi part dari Total Chaos Fabrication di depan dan belakang. Komponen ini banyak dipakai di tim balap Rally Dakar,” sambung pria ramah ini.

Shockbreaker coilover depan juga ditambah dengan sistem bypass lansiran King Shock yang memiliki travel hingga 10 inci. Sedangkan di belakang memakai coilover dan bypass King Shock dengan travel 14 inci. Di sektor pelek, Braid Wheels Dakar ukuran 17 inci dengan lebar 8 inci menancap sempurna dibalut ban BFGoodrich KO2 dan KM3 ukuran 285/70.

Sementara mesin berkapasitas 5.700 cc, V8, bertenaga 362 hp dengan torsi 530 Nm ini disegarkan kembali seluruh komponen internalnya.

Agar performanya kian terdongkrak, oli Motul300V menjadi pelumas yang digunakan Julian Johan di Lexus LX570 pada ajang AXCR 2023. Tak lupa seluruh jalur gas buang diganti dengan full exhaust system. Setiap mobil peserta juga wajib menggunakan rollbar, 2 ban serep, hingga sirine yang boleh digunakan ketika membelah jalan raya dari Thailand hingga Laos.

“Jadi kita itu wajib memakai rollbar, 2 ban serep, sampai pasang sirine. Sirine ini pertama kali saya gunakan di mobil karena sebagai salah satu standar wajib yang ada di mobil peserta,” jelasnya.

Modifikasi lain yang terlihat di Lexus LX570 ini yakni adanya 2 jerigen air masing-masing berkapasitas 20 liter untuk keperluan air bersih dan wiper.

Rencananya, Julian Johan akan mengarungi ajang AXCR 2023 ditemani oleh Recky Resanto sebagai navigator sebagai tim dari Indonesia.