SpeednRide.com- Mazda Indonesia mengajak awak media merasakan CX-5 EMI 6th Anniversary Edition yang baru saja diluncurkan pada 5 Februari 2023. Model ini merupakan edisi khusus untuk merayakan enam tahun eksistensi PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) menjadi agen pemegang merek (APM) Mazda di Tanah Air.

Mobil ini hanya tersedia 60 unit dan berbeda dengan CX-5 sebelumnya yang ada di pasaran. Model ini menggunakan sistem penggerak seluruh roda atau all-wheel drive (AWD) dan dilabur warna putih bernama Rhodium White.

Sesi Media Drive ini hanya mengelilingi wilayah BSD City, Tangerang Selatan. Sejatinya memang cukup untuk mendapatkan impresi singkat mobil Rp 705,5 juta (OTR Jakarta) ini.

Saat berkendara di aspal mulus BSD City, Rasanya tidak ada perbedaan signifikan antara CX-5 AWD dengan CX-5 versi penggerak depan alias front wheel drive (FWD).  Sistem Intelligent-Activ All-Wheel Drive (I-ACTIV AWD) yang dipadukan dengan G-Vectoring Control makin membuat pengendalian Mazda CX-5 AWD jauh lebih nikmat dibandingkan varian FWD. Ketika mobil terasa ada gejala understeer, traksi dari mobil sesegera dibagi kepada 2 roda yang dibutuhkan untuk menjadikan pengendalian yang lebih baik.

Penggerak i-Activ AWD ini mampu membagi tenaga ke roda secara dinamis. Melakukan perhitungan 200 kali per detik untuk menentukan pembagian torsi ideal antara roda depan dan belakang.

Karena aspal BSD City kurang menggambarkan kehebatan mobil, Mazda Indonesia membuat simulasi bagaimana cara sistem AWD bekerja, yakni dengan membuat semacam roll dan halangan di bagian ban belakang. Simulasi ini menggambarkan bagaimana sistem AWD kemudian bekerja sendiri membagi tenaga ke roda-roda yang memang membutuhkan traksi agar mobil bisa bergerak lebih baik.

Tentunya, pengguna mobil bisa menggunakan mode off road disaat keadaan medan jalan yang cukup sulit.  Mode off road sistem AWD akan membagi traksi roda depan dan belakang 50:50.

Tidak ada perbedaan di balik kap mesin. Jantung pacu masih menggunakan mesin berteknologi SkyActiv-G dengan kapasitas 2.500 cc, DOHC, 4-silinder yang menghasilkan 187,4 HP pada 6.000 rpm dan torsi 252 Nm sejak 4.000 rpm.

Karena mesinnya Naturally Aspirated, jadi saat diajak akselerasi cukup agresif dan lebih menggiurkan. Catatan Mazda, mobil ini bisa melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 7,9 detik. Sementara versi FWD membutuhkan waktu 9 detik.