SpeednRide.com – Bagi para pengunjung pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, ada pemandangan menarik di booth PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) yang berlokasi di Hall D, Ji Expo Kemayoran, Jakarta.

Pasalnya, di booth bernama Hyundai Sustainable Space tersebut, dalam pembanguannya memanfaatkan 70% sisa bahan dari pabrik Hyundai. Inisiatif ini merupakan wujud dari upaya HMID dalam mengambil langkah-langkah di luar inovasi mobilitas untuk terlibat dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan untuk semua.

“Melalui Hyundai Sustainable Space, Hyundai Motors Indonesia menghidupkan kembali sisa bahan dari pabrik dengan menciptakan ruang pameran yang unik sebagai kontribusi nyata Hyundai dalam upaya memperbaiki lingkungan,” ujar Astrid Ariani Wijana, Head of Marketing Department PT HHMID.

Berdirinya sustainable booth seluas 1.350 m2 ini, menjadi tempat bagi Hyundai untuk menyapa dan memperlihatkan produk dan program unggulan di IIMS 2023. Sisa bahan dari pabrik di antaranya pallet plastik dan kayu, kardus bekas, hingga waferboard.

Pallet plastik dimanfaatkan sebagai lantai dan panggung Hyundai. Lalu kardus bekas setebal 12mm dimanfaatkan untuk melapisi permukaan dinding booth. Waferboard atau papan yang terbuat dari sisa potongan kayu, digunakan untuk mempercantik dekorasi pada lantai booth.

Sedangkan scaffolding dimanfaatkan sebagai dinding booth yang dipadupadankan dengan mesh/jaring tembus pandang.

“Melalui Hyundai Sustainable Space, bisa menjadi inspirasi bagi setiap pengunjung untuk bersama menjalankan gaya hidup yang lebih berkelanjutan,” tambah Astrid.

Selain memperkenalkan Hyundai Sustainable Space, HMID turut menjabarkan berbagai langkah konkret yang telah dilakukan Hyundai dalam mendukung masa depan berkelanjutan dan mengajak media untuk ikut serta dalam membuat miniatur Ioniq 5 menggunakan bahan ramah lingkungan.

Astrid melanjutkan, kehadiran Hyundai Sustainable Space pada perhelatan IIMS 2023 sendiri terinspirasi dari Hyundai Ioniq 5, sebagai salah satu jajaran kendaraan listrik Hyundai yang menggunakan material ramah lingkungan sebagai komponennya.

Komponen tersebut meliputi Bio Paint berbahan dasar ekstrak minyak dari tanaman untuk melapisi dasbor, sakelar, roda kemudi dan panel pintu. Kulit ramah lingkungan yang diekstraksi dari tebu dan jagung untuk kulit jok, headlining dan karpet.

Lalu kulit bagian interior Ioniq 5 yang diwarnai menggunakan minyak biji rami dan kain ramah lingkungan yang terbuat dari botol PET daur ulang pada bagian kursi dan sandaran lengan pintu.

Penasaran? yuk kunjungi booth Hyundai Motors Indonesia di IIMS 2023, JIExpo dari tanggal 16 hingga 26 Februari 2023, untuk melihat langsung Hyundai Sustainable Space. (EPS)