SpeednRide.com – PT Chery Sales Indonesia (CSI), telah resmi memulai produksi perdana CKD, untuk mobil listrik pertamanya di kawasan Asia Tenggara di Indonesia, pada 3 Desember 2023.

Mobil listrik yang sebelumnya dikenal dengan nama Omoda 5 EV, kini secara resmi diberi nama baru, yaitu Omoda E5. Produksi CKD tersebut, dilakukan di pabrik perakitan Chery yang berlokasi di Pondok Ungu, Jawa Barat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Rifki Setiawan, Head of Brand CSI. Katanya, Chery menilai pasar mobil listrik di Indonesia sudah cukup ideal. “Sehingga kami mulai meramaikan pasar EV di Indonesia,” kata Rifkie beberapa waktu lalu.

Sementara Chen Chunqing, President PT Chery Sales Indonesia mengatakan, hal ini merupakan bagian dari bentuk tanggung jawab Chery atas keberlanjutan lingkungan melalui produk mobil rendah emisi.

“Dimulainya produksi Chery Omoda E5 di Indonesia, menjadi sebuah langkah nyata yang menunjukkan komitmen kami, untuk mendukung transisi energi hijau di Indonesia,” papar Chen.

Produksi Omoda E5 ini, dijalankan tepat waktu sesuai yang sudah direncanakan untuk dapat memenuhi jadwal pendistribusian kepada para pemesan yang akan dilakukan pada Q1 2024.

“Kepastian jadwal produksi dan distribusi, merupakan hal yang sangat dijaga oleh CSI sebagai salah satu cara untuk membangun kepercayaan konsumen,” ujar Chen.

Oleh karena itu, CSI melengkapi infrastruktur produksinya dengan peralatan canggih khusus untuk perakitan kendaraan listrik, agar kualitas produksi dapat berlangsung sesuai standarisasi global Chery.

Menariknya, dukungan Chery untuk transisi energi hijau di Indonesia, akan berjalan beriringan dengan komitmen dukungan Chery mengembangkan industri otomotif, dengan menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi dan distribusi kendaraan listrik setir kanan.

“Mobil listrik Chery, Omoda E5, yang diproduksi perdana kemarin di kawasan Asia Tenggara merupakan hasil terbaru dan menunjukkan komitmen kami, terhadap pasar Indonesia,” pungkas Chen.

Omoda E5 yang merupakan kendaraan EV pertama Chery untuk pasar global, diharapkan akan dapat memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang ingin memulai gaya hidup mobilitas rendah emisi.

Sebagai tambahan informasi, Omoda E5 yang dibekali motor listrik berdaya 120 kW dan baterai yang mampu menempuh jarak hingga 450 kilometer itu, sejak hadir pertama kali pada GIIAS 2023 Agustus lalu, pemesanan pre-bookingnya telah mencapai 400 unit. (EPS)