SpeednRide.com – Porsche Indonesia kembali ke Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dengan menampilkan dua model Porsche baru, yakni Cayenne dan 911 Dakar.

Khusus Porsche 911 Dakar, GIIAS 2023 menjadi ajang pertama kalinya sports car tersebut tampil di negara ini, sebuah model yang sangat eksklusif dan dibatasi hanya 2.500 unit di seluruh dunia.

“Tahun ini Porsche merayakan ulang tahun ke-75 mobil sportnya, dan ulang tahun ke-60 ikon abadi kami, 911, kami sangat bersemangat untuk membawa jajaran model yang mengesankan ini,” kata Hannes Ruoff, Chief Executive Officer Porsche Asia Pacific.

Ia menambahkan, Porsche telah melakukan pembaruan mendasar pada generasi ketiga Cayenne, dengan perubahan komprehensif pada desain, powertrain, dan teknologi di dalam mobil.

Cayenne baru kini memiliki tampilan luar yang sangat ekspresif. Ujung depan yang baru dikombinasikan dengan sayap yang lebih melengkung, kap mesin baru, dan lampu depan Matrix atau HD-Matrix yang baru menekankan lebar mobil.

Cayenne kini hadir dengan mesin turbo tiga liter V6 yang dioptimalkan, menghasilkan 260 kW (353 PS) dan torsi 500 Nm, yang lebih tinggi 10 kW (13 PS) dan 50 Nm daripada sebelumnya.

Mesin biturbo V8 4.0 liter yang baru dan lebih halus juga menggantikan mesin V6 sebelumnya di Cayenne S baru. Dengan output maksimum 349 KW (474 PS) dan torsi 600 Nm – 25 kW (34 PS) dan 50 Nm lebih tinggi dari pendahulunya.

Di bagian dalam, Cayenne baru telah mengintegrasikan konsep tampilan dan kendali yang sepenuhnya diperbaharui: Porsche Driver Experience baru, yang pertama kali diperkenalkan di Porsche Taycan, berfokus pada sumbu pengemudi dan mengoptimalkan operasi.

Sementara untuk 911, disebut menjadi satu-satunya mobil yang dapat Anda kendarai dari safari Afrika ke Le Mans, lalu ke teater, dan ke jalan-jalan di New York.

“Porsche 911 Dakar yang sepenuhnya baru adalah perwujudan sempurna dari filosofi ini, membuat penampilan istimewa untuk pertama kalinya di Indonesia di GIIAS 2023,” tambah Riedel.

Terinspirasi oleh Porsche 953, sebuah 911 yang dimodifikasi khusus untuk balap off-road. 911 Dakar memiliki ground clearance 50 milimeter lebih tinggi dari 911 standar, dan bisa ditinggikan lagi 30 milimeter lebih tinggi.

Selain dari sasis yang disetel secara khusus, 911 Dakar baru juga dilengkapi dengan perlindungan underbody yang diperkuat, kait derek baja di bagian depan dan belakang, serta banyak komponen CFRP untuk mengurangi berat.

Mesin biturbo flat-six 3.0 liter menghasilkan 480 PS (353 kW), mampu mendorong 911 Dakar hingga 100 km/jam dalam waktu hanya 3,4 detik melalui transmisi PDK 8-speed dan sistem penggerak semua roda.

Mobil ini melaju dengan ban off-road khusus yang dikembangkan bersama Pirelli, dan interior yang didesain untuk tujuan tertentu dengan kursi balut dan penghilangan kursi belakang.

“Atas permintaan, 911 Dakar juga bisa lebih lanjut dipersonalisasi dengan rak atap dengan lampu tambahan dan peralatan off-roading. Tenda atap juga tersedia atas permintaan,” pungkas Riedel. (EPS)