Speednride.com- Suzuki New XL7 Hybrid dihadirkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam mendukung pemerintah memasuki era kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Kehadirannya menjawab kebutuhan masyarakat dan menambah pilihan jajaran produk kendaraan berteknologi Smart Hybrid.

New Suzuki XL7 Hybrid mengusung tagline “New Energy to Move Further”, hadir dengan sejumlah pembaruan baik di sisi teknologi maupun fitur yang dilengkapi dengan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Fitur ini berguna memberi dampak pada pengurangan emisi gas buang serta efisiensi penggunaan bahan bakar. Selain pembaruan penggunaan teknologi yang disematkannya, ada juga di eksterior dan interiornya.

Tidak banyak perubahan tampilan eksterior maupun interior pada New Suzuki XL7 Hybrid. Sementara pada artikel ini membahas varian Alpha AT yang merupakan tipe tertinggi dari New Suzuki XL7 Hybrid.

Untuk varian tertingginya, kini menggunakan pelek ukuran 16 inci yang dilabur warna hitam dengan ban 195/60 R16. Warna bodi kendaraan tetap mengusung konsep dual tone, tipe Alpha menampilkan hero colour-nya yaitu savanna ivory – black. Kemudian bagian gril kini tampil gelap dengan model black chrome agar terlihat lebih gagah. Sementara pada varian Zeta bagian gril menggunakan aksen krom.

Lampu depan mengandalkan teknologi LED multireflektor dengan DRL, sayangnya lampu sein masih bohlam biasa. Untuk garnish bumper depan dan belakang, mengadopsi aksen abu-abu.

Masuk ke interior, terlihat penggunaan jok kulit. Dasbor modern dan door trim beraksen karbon. Spidometer berdesain bulat, sedangkan head unit sudah memiliki kemampuan multimedia dengan bagian layar 8″ berteknologi touch screen.

Pada bagian setir, hadir dengan model dua palang yang sudah dilapisi kulit. Pada bagian kiri terdapat tombol pengaturan audio berikut dengan angkat telepon jika smartphone tersambung dengan head unit.

Kini terdapat fitur Cruise Control, dengan tombol pengaturan di sebelah kanan roda kemudi.

Untuk spion dalam dilengkapi teknologi touchscreen dengan kemampuan 2 layar, yaitu pantauan ke depan dan belakang kendaraan.

XL7 Alpha juga dilengkapi akses USB port yang bisa berfungsi sebagai charger baterai telpon genggam mulai dari baris depan hingga bangku baris ketiga. Sebagai penyejuk ruangan terdapat AC dengan tombol digital dan memiliki fitur auto climate.

Khusus untuk kendaraan bertransmisi manual, dilengkapi Gear Shift Indicator. Sementara, pilihan warnanya adalah Savanna Ivory – Black, Sunrise Orange – Black, White – Black dan Cool Black.

Fitur keselamatan yang disematkan Electronic Stability Programme (ESP), rem dengan sistem Anti-lock Braking System (ABS), Hill Hold Control, EBD, dan dual airbag menjadi perlengkapan standar di varian Alpha. Sedangkan fitur keamanannya ada Rear Parking Sensors, Immobilizer dan Security Alarm.

Kualitas struktur bodi TECT yang ringan dan kokoh, mampu meredam dan menyebarkan energi benturan akibat tabrakan.

Jantung mekanisnya mengandalkan mesin K15B 4 silinder DOHC berkapasitas 1.462 cc. Mesin ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 104,7 hp pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Transmisinya mengandalkan model otomatis dengan 4 percepatan, dikombinasi penggerak roda depan yang menjadi andalannya.

Kinerja mesinnya ditopang teknologi SHVS, merupakan teknologi mesin mild hybrid yang telah dikembangkan Suzuki secara global. Teknologi ini dibuat untuk sistem penggerak mesin dan telah dilengkapi dengan Integrated Starter Generator (ISG) sebagai pengganti alternator konvensional yang mampu memberikan dukungan tenaga pada mesin, sehingga dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Baterai Lithium-Ion 10Ah yang tersimpan di bawah jok penumpang depan, dibuat untuk menyimpan tenaga yang dihasilkan oleh ISG dan akan digunakan saat mesin membutuhkan tenaga tambahan. Adanya teknologi SHVS pada XL7 Hybrid ini diklaim memberikan efek efisiensi bahan bakar, ringan, dan kompak sehingga merupakan sistem yang ideal untuk mobil-mobil kompak.