SpeednRide.com – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia, baru saja memperkenalkan varian baru, yakni Fuso Fighter X Euro 4 Mining Equipment versi kedua.

Truck anyar di kelas medium duty truck (MDT) yang telah mengalami beberapa ubahan dibanding generasi sebelumnya ini, disebut dapat memenuhi kebutuhan khusus di sektor bisnis pertambangan.

Bayu Afrizal, General Manager Product Strategy PT KTB mengatakan, Mitsubishi Fuso Fighter X dengan tipe FN62F HD R ini merupakan jawaban atas masukan dari para konsumennya.

“Mengenai (kehadiran) Fighter Mining versi dua ini, memang dari input konsumen sektor mining kami. Kami mempelajari dan dapat input dari pemain mining besar di Sumatra dan Sulawesi. Ini paket terbaik yang memang akan sangat sesuai dengan kebutuhan mining di Indonesia,” ungkap Bayu, Senin (06/03/23).

Ia menambahkan, varian ini akan menjadi pilihan terbaik bagi konsumen di area tambang dan off-road. Setidaknya, terdapat 5 fitur baru yang merupakan penyempurnaan dari yang sebelumnya.

Pertama Lug-Tire, yakni ban khusus untuk digunakan di medan off-road dan pertambangan. Lalu Higher Front Bumper Clearance, yang lebih tinggi dari kompetitor sehingga cocok untuk area off-road.

KTB juga menyediakan Window Film dan Side Visor, sehingga membuat pengemudi lebih nyaman saat mengoperasikan kendaraan. Lalu ada Louder Horn, yang dapat meningkatkan keselamatan dalam operasi penambangan.

Menariknya lagi, terdapat pilihan Black Color Edition yang tampilannya terlihat lebih gagah dan tidak mudah kotor untuk penggunaan di area pertambangan.

Varian ini, dibedakan dari penggunaan Warna pada front grill, fender LH-RH, footstep LH-RH, front bumper menjadi matte black.

Truk medium tersebut menggunakan mesin 6M60 diesel turbo 7.545 cc dengan standar Euro 4. Dapur pacu tersebut, sanggup menghasilkan tenaga sebesar 270 PS di putaran mesin 2.400 rpm dan torsi 880 Nm di putaran mesin 1.200-2.000 rpm.

Berbekal tenaga dan torsi yang cukup besar tersebut, membuat Mitsubishi Fuso Fighter X Euro 4 Mining Equipment versi kedua mampu menghasilkan kecepatan maksimum 77 kilometer per jam.

Kabarnya, produk anyar ini akan diluncurkan secara resmi pada April 2023 mendatang. Tak hanya itu, PT KTB juga berencana untuk meluncurkan produk lainnya yakni Mitsubishi Fuso Fighter-X Super Long Trip.

Fuso Long Trip

Boleh dibilang, dengan produk baru ini Mitsubishi FUSO adalah pabrikan pertama yang secara resmi meluncurkan MDT yang dilengkapi dengan tangki bahan bakar ganda.

Tangki bahan bakar ganda dengan total kapasitas 400-liter akan mendukung perjalanan konsumen lebih jauh dalam sekali pengisian bahan bakar, sehingga pelanggan dapat menjalankan bisnis dengan waktu yang lebih efisien. (EPS)