Speednride.com- PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk atau yang dikenal dengan nama Adira Finance baru saja mengumumkan telah selesai melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2023.

Ada beberapa keputusan yang ikut ditetapkan dalam RUPST perusahaan lembaga pembiayaan tersebut, termasuk pengumuman laba bersih perusahaan untuk tahun buku 2023.

Sepanjang tahun lalu, anak perusahaan dari Bank Danamon ini ternyata sanggup mengumpulkan laba bersih perusahaan senilai Rp1,94 triliun.

Sebagai catatan, angka tersebut naik 21 persen dibanding periode yang sama tahun lalu dimana perusahaan hanya bisa mendapatkan keuntungan senilai Rp1,4 triliun.

Kemudian dari seluruh laba bersih itu, 1 persennya sudah diputuskan untuk menjadi dana cadangan umum sesuai Undang-Undang Perseroan Terbatas.

Pada laporan RUPST ini juga telah disetujui jika Adira Finance akan membagikan deviden senilai Rp 972 miliar dari laba bersih perusahaan yang dikumpulkan sepanjang tahun lalu.

Jumlah deviden tunai perusahaan tersebut mencapai 50 persen dari total laba bersih yang terhitung dalam laporan tahun buku 2023.

Dengan begitu, para pemegang saham dari perusahaan yang juga membiayai kredit sepeda motor dan mobil ini akan mendapatkan deviden senilai Rp972 per lembar saham.

Seluruh kebutuhan ini tertuang dalam Laporan Tahunan Perusahaan tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023, yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Imelda & Rekan (anggota Deloitte Asia Pasifik dan Jaringan Deloitte Global), dengan opini audit wajar tanpa modifikasian.

“Jadi kami akan bagikan deviden 50 persen dari laba yang jumlahnya Rp972 miliar atau Rp972 per saham,” sebut I Dewa Made Susila, Direktur Utama Adira Finance melalui keterangan tertulisnya.

Ia juga menjabarkan, jika pembayaran deviden tersebut akan mulai dilaksanakan pada 2 Mei 2024.

“Ini bukti Adira Finence tetap konsisten untuk terus memberikan apresiasi kepada para pemegang saham,” ucap Made.

Dalam RUPST ini, perusahaan juga menyetujui pengangkatan kembali seluruh anggota Dewan Komisaris, seluruh anggota Direksi kecuali Jin Yoshida yang tidak diangkat kembali karena telah mendapatkan penugasan baru sebagai Direktur PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Jin Yoshida atas dedikasi dan kontribusinya terhadap Perusahaan selama masa tugasnya. Kami berharap beliau dapat terus sukses kedepannya,” kata Made.

Selain itu menurut dia, RUPST juga menyetujui pengangkatan kembali seluruh anggota Dewan Pengawasan Syariah.

Selanjutnya, diputuskan pula pengangkatan Sigit Hendra Gunawan, Sylvanus Gani Kukuh Mendrofa, dan Takanori Mizuno, yang masing-masing selaku Direktur Perusahaan, untuk mulai menjabat dengan posisi barunya setelah lulus Uji Kemampuan dan Kepatutan dari OJK.

“Kami menyambut baik Sigit Hendra Gunawan, Sylvanus Gani Kukuh Mendrofa, dan Takanori Mizuno selaku Direktur Perusahaan. Kami yakin dengan keahlian, pengalaman, dan kapabilitas yang mereka miliki, akan mampu memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan dan industri pembiayaan pada umumnya,” jelas Dewa.

 

Berikut struktur komisaris dan direksi Adira Finance yang terbaru:

Komisaris

Komisaris Utama: Daisuke Ejima

Komisaris Independen: Krisna Wijaya

Komisaris Independen: Manggi Taruna Habir

Komisaris: Eng Heng Nee Philip

Komisaris: Congsin Congcar

Komisaris: Hafid Hadeli

Direktur

Direktur Utama: I Dewa Made Susila

Direktur: Swandajani Gunadi

Direktur: Niko Kurniawan Bonggowarsito

Direktur: Harry Latif

Direktur: Denny Riza Farib

Direktur: Sigit Hendra Gunawan

Direktur: Sylvanus Gani Kukuh Mendrofa

Direktur: Takanori Mizuno