SpeednRide.com – Mitsubishi Xforce telah menjadi salah satu produk andalan Mitsubishi di Tanah Air. Memiliki desain yang sangat menarik dan beragam fitur berteknologi modern, Mitsubishi Xforce memiliki bekal kuat untuk disukai oleh para calon konsumen.

Guna membuktikan keunggulan Xforce, pada 4 – 6 Desember 2023 lalu PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengajak ratusan media termasuk SpeednRide, untuk menjajal langsung kemampuan dan keandalan Xforce di dunia nyata.

Ekspedisi eksklusif ini, dikemas dalam sebuah event media test drive yang bertajuk “Xforce Infinite Xcitement – Media Adventure 2023”, dengan rute melintasi wilayah Yogyakarta, Solo, dan Semarang di Jawa Tengah.

Menempuh jarak ratusan kilometer, performa Mitsubishi Xforce benar-benar diuji. Mulai dari performa mesin, suspensi, hingga fitur keamanan dan kenyamanan.

Boleh dibilang, Mitsubishi Xforce hadir dengan sejumlah keunggulan, salah satunya adalah performa mesin. Sebagai tenaga penggerak, Mitsubishi Xforce dibekali mesin MIVEC 1.5L DOHC 16-valve.

Dapur pacu tersebut, sanggup menghasilkan tenaga sebesar 103 HP pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga yang cukup besar itu, lantas disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT dengan efisiensi tinggi.

Perpaduan tersebut, memberikan sebuah akselerasi bertenaga dan responsif ketika akselerator ditekan penuh. Hal itu terbukti saat SpeednRide melaju di Jalan Raya Solo-Yogyakarta.

Mendahului truk dan kendaraan lain yang berjalan pelan, dengan kondisi mengemudi stop and go, merupakan suatu hal yang mudah, karena ketika pedal gas diinjak, Mitsubishi Xforce dapat melaju dengan mudah dan cepat.

Ada satu hal yang menarik dari SUV kompak ini, bila Anda merasa akselerasi masih kurang responsif, Mitsubishi ternyata menyediakan fitur Driving Sport (DS) berupa tombol yang tersemat di tuas transmisi.

Saat berkendara dengan mode Normal, tarikan mesin SUV ini memang terasa membutuhkan waktu beberapa saat untuk mencapai kecepatan tinggi. Namun, setelah tombol DS tersebut diaktifkan, seketika letupan tenaga Xforce terasa lebih lepas.

“Ketika mode DS, transmisinya dimanipulasi untuk bereaksi lebih cepat,” ungkap Ngabehi Marzuq, Product Planning Department PT MMKSI. Saat tombol DS ditekan, transmisi otomatis pada Xforce memang akan menahan putaran mesin di RPM atas.

Meski begitu, ketika akselerator ditekan secara ringan, CVT akan memaksimalkan performa mesin untuk mencapai efisiensi bahan bakar dan akselerasi senyap dengan transmisi halus yang unik untuk sebuah mesin CVT.

Tak heran bila saat pengujian berlangsung, konsumsi bahan bakar rata–rata yang tertera di panel instrumen menunjukkan angka 1:12 KM/L. Karena dibuat untuk dapat melaju di segala kondisi jalan, Mitsubishi Xforce juga dibekali dengan kemampuan untuk melahap tanjakan.

Menariknya, selain kondisi jalan kering, saat pengujian juga kami disuguhi dengan cuaca yang hujan lebat. Pada saat kondisi seperti ini, berkendara dengan Mitsubishi Xforce tetap terasa aman dan nyaman berkat adanya mode berkendara “Wet”.

Wet mode yang diadopsi oleh Mitsubishi Motors untuk pertama kalinya di mobil Mitsubishi Motors, dinilai dapat meningkatkan kemampuan menikung dan stabilitas di jalan basah saat hujan dan bahkan di jalan banjir, sehingga membuat mobil terjaga dari kehilangan kendali.

Selain Wet, Mitsubishi juga menyediakan mode lain, yakni Normal, Gravel, dan Mud. Empat mode berkendara ini, memungkinkan mobil menghadapi berbagai kondisi jalan dengan mengintegrasikan Active Yaw Control (AYC).

Fitur AYC, akan menyesuaikan gaya berkendara antara roda kiri depan dan kanan, untuk mencapai penanganan yang sangat baik. Kontrol traksi juga akan mengatur tire skidding, kontrol mesin dan kontrol power steering.

Mitsubishi Xforce, juga dilengkapi dengan Well-tuned suspension untuk kenyamanan berkendara di jalanan yang sangat beragam. Asyiknya lagi, mobil ini memiliki radius putar 5,2 m, menjadi salah satu yang terkecil dikelasnya. (EPS)