SpeednRide.com – Setelah resmi menampilkan perdana eksterior dan interior BinguoEV (dibaca: Bing-go EV) pada pekan lalu, Wuling Motors (Wuling) akhirnya mengajak awak media, termasuk SpeednRide secara eksklusif, merasakan sensasi berkendara di kawasan BSD City.

Dian Asmahani selaku Brand & Marketing Director Wuling Motors mengatakan, kesempatan ini diberikan dalam rangka menyajikan informasi yang lebih mendalam mengenai sensasi berkendara, kenyamanan, dan fitur yang tersedia di kendaraan ramah lingkungan itu.

“Kami berharap, kesempatan singkat yang ada ini dapat menjawab rasa penasaran rekan-rekan media, akan sensasi berkendara yang menyenangkan bersama BinguoEV,” jelas Dian dalam keterangan resminya.

Ia menambahkan, melalui acara tersebut, Wuling ingin membangun pemahaman yang lebih mendalam mengenai keunggulan yang ditawarkan oleh kendaraan listrik kedua Wuling untuk pasar Indonesia ini.

Memulai acara, rekan jurnalis terlebih dahulu menyaksikan video sambutan dari Wuling Motors yang dilanjutkan dengan penjelasan singkat cara mengendarai Wuling BinguoEV, serta diteruskan dengan penjelasan rute yang digunakan.

Kemudian, SpeednRide berkesempatan mencoba BinguoEV yang sudah disediakan. Pada lintasan yang tersedia, kami dapat melakukan pengetesan yang menggambarkan mobilitas secara umum.

Gambaran berkendara tersebut, meliputi akselerasi di jalan lurus, berkendara dengan fitur Cruise Control, serta parkir mundur yang dibantu dengan Rear Parking Camera.

Tak hanya itu, BinguoEV juga akan ditest berhenti di tanjakan dengan aman, karena didukung fitur AVH dan Creeping Function, serta berjalan zig-zag untuk mencoba kelincahan dalam bermanuver.

Saat masuk ke kabin BinguoEV dan mulai berkendara, SpeednRide dapat mencoba fitur canggih yang dimiliki BinguoEV, yaitu Smart Start System yang juga sudah diaplikasikan di Air ev.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyalakan mobil listrik ini tanpa menekan tombol atau memutar anak kunci. Pengguna hanya tinggal membawa kunci, memasang sabuk pengaman, menginjak rem, dan menunggu notifikasi ‘ready’ pada layar meter cluster.

Selanjutnya, putar knop transmisi ke D atau R, dan nonaktifkan Electric Parking Brake, maka BinguoEV siap untuk dijalankan. Menariknya, kendaraan listrik ini memiliki empat opsi mode berkendara, yakni ECO, ECO+, Sport, dan Normal.

Saat SpeednRide mencoba akselerasi, BinguoEV terasa sangat responsif, apalagi dilakukan dalam mode Sport. Tenaga terasa terisi terus tanpa jeda. Sungguh suatu sensasi yang asyik dari mobil berukuran mungil tersebut.

Berikutnya, SpeednRide mencoba fitur Cruise Control yang terintegrasi di sisi kiri lingkar kemudi. Fitur ini dapat diaktifkan di atas kecepatan 40 km/jam untuk menjaga kecepatan secara konsisten yang memungkinkan perjalanan menjadi lebih santai dan efisien.

Mencoba handling, disediakan zig-zag challenge. Saat melewati beberapa cone sambil meliuk cepat, handling BinguoEV terasa mantap minim gejala oversteer dan bodi mobil tetap stabil di lintasan.

Kemudian, kami mencoba berhenti di tanjakan dengan aman, berkat dukungan fitur Auto Vehicle Holding serta Creeping Function.

Fitur ini tergolong canggih, karena akan menahan kendaraan saat ditanjakan tanpa menginjak pedal rem untuk selanjutnya akan melaju tanpa harus menginjak pedal gas.

Setelah selesai berkendara, untuk mematikan BinguoEV bisa dilakukan dengan menginjak pedal rem, lalu memutar knop transmisi ke P dan aktifkan Electric Parking Brake, kemudian kunci pintu dari luar mobil.

Di area pengujian, tersedia satu unit BinguoEV yang dapat menggambarkan lapangnya bagasi yang dimiliki mobil listrik ini. BinguoEV didukung oleh kapasitas bagasi 310 liter yang dapat diperluas hingga 790 liter dengan melipat kedua bangku barisan belakang. (EPS)