Speednride.com- Nissan pamerkan mobil listrik mungil, produk tersebut yakni Nissan Sakura yang berhasil memenangkan Japan Car of The Year 2022-2023. Mobil seharga Rp 204 jutaan itu menjadi mobil listrik terlaris di Jepang.

Meski berdasarkan rumor yang beredar Nissan akan siap menghadirkan Nissan Sakura EV ke Indonesia untuk bersaing dengan rivalnya, Wuling Air EV yang lebih dahulu meluncur sebagai mobil listrik di pasar otomotif.

Nissan Sakura EV menawarkan kenyamanan berkendara dengan desain kabin yang senyap dan stabilitas yang apik karena pusat gravitasi yang rendah.

Pada bagian desain eskteriornya, terpampang lampu depan berupa projector-type triple beam yang bisa meningkatkan jarak pandang di malam hari.

Di bagian buritan, terdapat lampu rear combination LED. Peleknya menerapkan bahan aluminium dengan desain khas jepang. Ada charging port yang terletak di bagian belakang kanan.

Mobil listrik pabrikan Jepang ini juga sudah dilengkai fitur-fitur Advance Driver-Assistance System (ADAS). Untuk jarak tempuhnya Nissan Sakura EV sekitar 180-200 km dalam sekali isi daya sampai penuh. Karena dilihat dari ukurannya yang mungil, baterai yang dipasang di lantainya pun tidak terlalu besar.

Nissan Sakura EV menggunakan baterai Lithium-ion dengan kapasitas 20 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 47kW dan torsi 195 Nm.

Waktu pengisian baterainya memakan  waktu 8 jam sampai penuh, namun dengan teknologi fast charging bisa saja di isi 80% dalam waktu 40 menit.

Dimensi Nissan Sakura EV memiliki ukuran panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan jarak sumbu roda 2.495 mm. Bobot bodinya hanya 1.070-1080 kg dengan kapasitas bagasi 107 liter.

Nissan Sakura EV dapat dibeli di Jepang dengan menyertakan subsidi berkendaraan energy bersih akan mendapatkan harga khusus jika dirupiahkan menjadi Rp204 juta.