Speednride.com- Taksi terbang EHang 216 yang diboyong Prerstige Aviation ke Tanah Air, kini telah resmi mendapatkan sertifikat tipe (TC) dari lembaga di Tiongkok untuk bisa mengangkut penumpang. Hal ini didasari atas inspeksi serta pengujian yang dilakukan secara teliti, di mana untuk bisa mengangkut penumpang ada beberapa hal yang tentunya harus diperhatikan dengan seksama.

Dalam keterangannya, pengujian taksi terbang tersebut dilakukan oleh Civil Aviation Administration China (CAAC) pada 13 Oktober 2023, sehingga dengan demikian model yang diboyong ini sepenuhnya telah sesuai dengan standar keselamatan dan persyaratan terbang untuk mengangkut penumpang.

“Selama proses validasi EH216-S menjalani uji laboratorium, darat, dan penerbangan yang ekstensif di laboratorium profesional dan tempat pengujian di Tiongkok. Pengujian ini termasuk pada kinerja material utama, kekuatan struktural, ketahanan terhadap api, kelayakan tabrakan, toksisitas gas, kondisi lingkungan peralatan dan sistem,” menurut Prestige Aviation dalam keterangan resmi.

Menanggapi keberhasilan taksi terbang EHang 216 mendapatkan TC tersebut, turut disambut baik oleh Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo. Menurutnya, dengan adanya sertifikasi dari badan resmi, maka diharapkan dapat beroperasi segera dalam mengangkut penumpang.

“Selamat atas keberhasilan EHang dalam memperoleh TC, sehingga keperluan proses kelaiakan udara di Indonesia untuk membawa penumpang, sudah bisa dilakukan,” ungkap Bamsoet.

Dengan sertifikasi tersebut, di Indonesia sendiri Rudy Salom sebagai Executive Chairman Prestige Aviation, menambahkan saat ini pihaknya akan melakukan pengurusan dengan instansi terkait seperti Departemen Perhubungan agar bisa mendapatkan sertifikat sehingga bisa dengan cepat digunakan untuk mengangkut penumpang di langit Indonesia.

“Selamat atas perolehan TC EHang dari CAAC, kami akan segera melakukan proses validasi TC di DGCA (Directorate General of Civil Aviation/Direktorat Jenderal Perhubungan Udara) agar dapat segera digunakan untuk mengangkut penumpang di Indonesia,” tambah Rudy.

Di Indonesia sendiri, taksi terbang ini telah beberapa kali melakukan demo flight, dan sempat dipamerkan ke hadapan Presiden Indonesia, Joko Widodo dalam salah satu gelaran pameran di Jakarta.