SpeednRide.com – Dalam tiga kuartal pertama tahun ini, Porsche telah mengirimkan 242.722 kendaraan kepada pelanggannya. Jumlah ini meningkat 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Detlev von Platen, Member of the Executive Board for Sales and Marketing di Porsche AG mengatakan, perolehan tersebut merupakan hasil dari fokus strategis Porsche terhadap produk yang eksklusif dan sangat individual bagi pelanggan.

“Di tengah ketidakpastian ekonomi global, struktur penjualan global kami yang sangat seimbang saat ini merupakan keuntungan besar,” kata Detlev dalam keterangan resminya.

Ia menambahkan, permintaan yang kuat terjadi di wilayah Eropa. Di sana, Porsche berhasil mengirimkan 51.742 kendaraan dalam sembilan bulan pertama. Angka ini meningkat 23 persen.

Di Jerman, lebih banyak pelanggan yang menerima kendaraan dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu 24.814 mobil, yang mewakili peningkatan sebesar 19 persen.

Di Amerika Utara juga mengalami peningkatan dua digit. 64.487 kendaraan dikirim mewakili peningkatan sebesar 14 persen. Di Cina, Porsche mengirimkan 60.748 kendaraan dari Januari hingga September. Angka ini turun 12 persen.

Penurunan ini terutama disebabkan oleh situasi ekonomi yang terus menantang di wilayah tersebut. Di pasar negara berkembang, 40.931 kendaraan dikirimkan kepada pelanggan, mewakili peningkatan sebesar 23 persen.

Dengan peningkatan yang signifikan sebesar 27 persen, Porsche 911 terus memperoleh popularitas yang tinggi bagi para pelanggan Porsche. Dalam tiga kuartal pertama, 911 telah dikirim sebanyak 38.789 unit.

Permintaan untuk Cayenne baru, yang merayakan peluncuran perdana di dunia pada bulan April, juga tinggi. Dalam sembilan bulan pertama, 64.457 unit SUV mewah ini telah dikirimkan (-3 persen).

Sedikit penurunan ini disebabkan oleh peluncuran produk di berbagai pasar dan wilayah yang tidak merata. Dari perspektif global, hal ini untuk sementara waktu menyebabkan ketersediaan produk yang lebih rendah di pasar dengan tanggal peluncuran yang lebih lambat.

Porsche Macan telah dikirim ke 68.354 pelanggan (+15 persen). Sedan mewah Panamera mencatat 26.779 pengiriman (+5 persen). Model 718 Boxster dan 718 Cayman mengalami peningkatan sebesar 16.458 pengiriman (+18 persen).

Taycan telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam hal pengiriman: 27.885 pelanggan menerima kendaraan baru mereka, menunjukkan peningkatan sebesar 11 persen.

“Sejak diluncurkan di pasar pada tahun 2019, Taycan telah menjadi kisah sukses. Tahun ini, kami mengharapkan peningkatan penjualan yang signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” tutur Detlev.

Meskipun ada tantangan dalam rantai pasokan dan perkembangan pasar BEV yang berbeda di kawasan dunia, namun ia yakin pada sisa tahun ini pengiriman global dan permintaan untuk model-model brand Porsche tetap berada pada tingkat yang tinggi.

“Oleh karena itu, kami memulai sprint akhir tahun dengan penuh kekuatan dan semangat. Pada saat yang sama, kami tetap memperhatikan dan secara konsisten fokus pada pertumbuhan yang berorientasi pada nilai,” pungkasnya. (EPS)