SpeednRide.com – Mobil listrik (EV) dan mobil hybrid, kini telah menjadi salah satu pilihan favorit bagi masyarakat Indonesia, terutama sejak pemerintah menerapkan berbagai kebijakan serta insentif yang memudahkan pengguna mobil listrik.

Sejak masuknya mobil-mobil EV di Indonesia, banyak pemilik mobil EV yang juga penggemar audio mobil diliputi pertanyaan apakah aman untuk menginstalasi system audio mobil di mobil EV ?

Cartens Audio menjawab pertanyaan ini, dengan berhasil dilakukannya instalasi peredaman dan audio mobil di mobil Ioniq 5 pertama kalinya di Indonesia beberapa tahun lalu.

“sejak itu, komitmen Cartens Audio terhadap mobil EV dan Hybrid tercermin dari rekam jejak impresifnya, termasuk instalasi pada mobil-mobil seperti Tesla, Ioniq 5, serta berbagai model hybrid lainnya,” ujar Eddie Soesanto Owner of Cartens Audio Jakarta.

Di tahun 2023 ini, Cartens Audio kembali mendapatkan kepercayaan dari salah seorang pelanggan lamanya untuk menginstalasi sebuah mobil EV terbaru di Indonesia yang jumlahnya masih sangat terbatas di Indonesia, yaitu KIA EV6 GT Line.

Pelanggan menginginkan sebuah sistem audio yang handal dan disupport dengan produk produk ternama juga berkualitas dengan fungsi bagasi yang harus tetap fungsional dan system harus siap untuk memainkan berbagai genre music seperti jazz, audiphile hingga genre musik beat.

“Untuk memperoleh efek sound surround di KIA EV6 GT Line ini, Cartens Audio memilih mempergunakan System 3 Ways dan speaker belakang dengan System 2 Ways,” ungkap Eddie.

Pilihan speaker depan jatuh kepada Focal Utopia M dan speaker belakang dengan speaker Focal Utopia WXP. Agar suara lebih optimal, digunakan amplifier prosesor terbaru dari Alpine yaitu Alpine Status HDP D-90 dan Alpine HDA-M80.

Perangkat ini digunakan untuk mendrive subwoofer shallow magnet, yang dikenal untuk genre music beat yaitu Ground Zero GZHW.

Agar tampilan interior KIA EV6 lebih manis, dibuatlah pilar 3 Ways dirancang khusus menggunakan housing aluminium yang dicat hitam.

Lebih lanjut Eddie yang bermarkas di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan itu mengatakan, setelah berhasil menginstalasi berbagai mobil EV, per-bulan September 2023, Cartens Audio menjadi workshop audio mobil pertama yang memiliki EV Charger Station di Indonesia.

Komitmen lainnya dengan pembuatan custom 3D oleh team CARTENS Audio agar tampilan mobil EV & Hybrid tetap terlihat original walaupun telah terbangun sebuah system audio yang mumpuni.

“Kedepannya Cartens Audio akan terus mengembangkan diri untuk tetap menjadi yang terdepan dalam indrusti audio mobil yang siap menginstalasi sistem audio pada berbagai mobil EV dan hybrid di Indonesia,” pungkas Eddie. (EPS)