Speednride.com- Piaggio MP3 300 HPE Sport telah diluncurkan di Indonesia oleh PT Piaggio Indonesia (PID) selaku distributor resminya. Harganya memang cukup fantastis, dilego Rp 330 Juta secara On The Road (OTR) DKI Jakarta. Kira-kira, apa yang dimiliki oleh motor seharga Dihatsu Terios ini?

Bicara soal tampilan, tentu tidak smua orang bisa menyukai motor ini, apalagi di Indonesia. Desain khas skutik Eropa dengan dua roda di depan menjadikan ia tampil lebih bongsor. Lampu utamanya sangat besar dibekali LED Daytime Running Light. Sayang, lampu utamanya masih Halogen.

Di bagian dashboard, terdapat satu kompartemen kecil yang juga dilengkapi USB charger untuk handphone berukuran kecil. Kemudian dibawahnya dua tampilan analog untuk RPM dan speedometer. Adapula tombol soft touch untuk mengganti odometer, trip meter, average bbm sampai current average bbm.

Sementara pada bagian setang, seperti motor lain pada umumnya. Hanya saja di bagian setang kiri ada tombol hazard dan di bagian kana nada tuas untuk pengunci suspensi roda depan. Oh ya, untuk pengaturan lampu dan LED ada di bagian bawah kiri dashboard. Disebelahnya juga terdapat tombol Anti Slip Regulation System (ASR) yang berguna agar roda depan tidak selip.

Jok yang lebar dan besar ditawarkan agar pengendara dan penumpang bisa lebih nyaman untuk melakukan perjalanan jauh. Pada jok juga dibuat beda tinggi agar pengendara bisa menyenderkan sedikit badannya di jok. Selain itu, bagian bagasinya cukup luas dan muat untuk 1 helm half face.

Area kaki-kaki menjadi hal yang paling istimewa dari Piaggio MP3 HPE Sport. Dibekali 3 roda, dengan konfigurasi 2 roda di depan dan 1 roda di belakang membuat motor ini cukup nyaman untuk dibawa jarak jauh. Piaggio MP3 300 hpe Sport memiliki fitur kontrol traksi Acceleration Slip Regulation (ASR). Tersedia juga sistem pengereman ABS tiga saluran.

Suspensi untuk roda depannya pun ganda dengan sistem independen yang dapat diatur kemiringannya sehingga lebih dinamis untuk digunakan bermanuver. Sementara itu terdapat mekanisme penguncian suspensi depan untuk membuatnya menjadi statis yang membuat pengendara tak perlu turun kaki saat lampu merah.

Sedangkan untuk mesinnya, Piaggio MP3 HPE Sport dibekali kapasitas 300 cc, 1-silinder, 4-tak, 4-katup, berpendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 25,4 hp di 7.750 rpm dan torsi 26,1 Nm di 6.250 rpm.