Speednride.com- Ducati Scrambler terbaru resmi diluncurkan di Indonesia. Peluncuran dilakukan di glamour auto boutique, Jakarta Selatan. Selasa (29/8/2023). Generasi baru Ducati Scrambler telah sepenuhnya didesain ulang, namun mendapat beberapa ubahan yang lebih modern.

Ducati Scrambler terbaru dibekali dengan mesin Desmodue dua silinder berpendingin udara, rangka teralis, setang lebar, pusat gravitasi rendah, dan berkendara yang menyenangkan ditingkatkan dengan elektronik canggih dan konsep yang lebih modern. Hasil racikan ini terwujud dalam tiga model Ducati Scrambler, yaitu Icon, Full Throttle dan Nightshift. Dibekali mesin Desmodue dua silinder berpendingin udara memastikan keluaran tenaga maksimum sebesar 73 hp, dan juga tersedia dalam versi 47 hp untuk pengendara sepeda motor dengan lisensi A2.

Tiga model Ducati Scrambler ini hadir dengan gaya berbeda, disatukan oleh posisi berkendara yang santai dan bobot yang ringan, menawarkan kenikmatan berkendara yang luar biasa untuk perjalanan perkotaan maupun perjalanan luar kota.

Ketiga varian Ducati Scrambler Icon, serta Full Throttle dan Nightshift sudah bisa dipesan untuk pasar Indonesia. Untuk harganya, Ducati Scrambler 2023 dibanderol mulai dari Rp.377 juta untuk model Icon dan Rp 410 juta untuk model Night Shift atau Full Throttle. Harga tersebut masih Off The Road Jakarta.

Mari kita Simak spesifikasi lengkap setiap modelnya

The Style

Ducati Scrambler baru mempertahankan desain ikoniknya tetap utuh sambil mengembangkan elemen khasnya bergaya kontemporer. DRL (Daytime Running Light) bagian depan, sekilas dapat dikenali berkat 4 sektor melingkar (trademark Ducati Scrambler), mengecil dan menjadi lebih tajam dengan potongan yang modern dan elegan.

Lampu depan, kini full LED, mempertahankan ikon “X”, didesain ulang dan diterapkan pada eksterior untuk gaya yang lebih khas. Desain lampu belakang tetap full LED juga berevolusi dengan mempertahankan bentuk setengah lingkaran klasik dan mudah dikenali. Lampu sen juga sudah memakai LED.

Tangki berbahan metal telah didesain ulang dan dilengkapi dengan penutup yang dapat diganti, bersama dengan spatbor dan detail pada lampu depan, memberikan warna baru dan memungkinkan penyesuaian yang mudah, cepat, namun lengkap. Penutup aluminium anodized yang elegan di bawah tangki melengkapi desain bagian depan sepeda motor yang diperbarui.

Instrument baru dengan cluster TFT warna 4,3 inci dan HMI khusus menjadikan Ducati Scrambler baru semakin modern, berintegrasi sempurna dengan gaya motor hingga bentuk tampilan informasinya. Elemen kunci dari kepribadian Ducati Scrambler, mesin Desmodue dua silinder memiliki penutup kopling dan alternator baru yang menampilkan logo “X”.

Sedangkan penutup timming belt kini memiliki bentuk yang lebih halus sesuai dengan gaya baru motor tersebut. Bentuk knalpot juga berevolusi, membuat mesin terlihat sepenuhnya.

The Technique

Ducati Scrambler baru juga telah diperbarui dalam hal teknis dan bobotnya lebih ringan 4 kg, sehingga menghasilkan motor yang lebih mudah dikontrol dan dikendarai. Sasis baru juga memberikan kontribusi penting terhadap pengurangan bobot motor secara keseluruhan.

Rangka teralis juga telah diperbarui dan diringankan. Swingarm terbaru kini dipadukan dengan peredam kejut yang diposisikan ulang ke arah bagian tengah motor. Mesinnya juga mengalami beberapa pembaruan yang mengurangi bobotnya. Terakhir, untuk kesan lebih sporty, rangka belakang kini terpisah dari rangka utama.

Peningkatan berkendara juga datang dari sudut kemudi yang sedikit ditingkatkan sehingga berkontribusi pada kemudahan penggunaan baik dalam bermanuver maupun di lalu lintas kota. Roda berdesain baru mengonfirmasi ukuran masing-masing 18” di depan dan 17” untuk bagian belakang.

Mesin Desmodue yang selama ini menjadi ciri khas Ducati Scrambler telah dimodernisasi, sehingga bobot lebih ringan sekitar 2,5 kg dibandingkan generasi sebelumnya. Koplingnya juga memiliki bentuk yang kompak, hal ini juga membantu mengurangi ruang samping pada penutupnya, sehingga memberikan lebih banyak ruang bagi kaki pengendara.

Ducati Scrambler baru dilengkapi dengan shift drum yang dipasang pada bantalan, yang memungkinkan perpindahan gigi lebih mulus dan presisi. Ducati Scrambler menjadi lebih menyenangkan dan aman dengan diperkenalkannya manajemen throttle Ride by Wire.

Solusi ini, membuat respons mesin siap di setiap sudut bukaan throttle, namun tetap progresif dan mudah diatur di semua rpm, di sisi lain memungkinkan penerapan Kontrol Traksi Ducati dengan pilihan tiga Mode Berkendara: Road, Sport dan Wet.

Berkat diperkenalkannya Ride by Wire, mesin Desmodue generasi baru memiliki opsi untuk memasang Quick Shift atas/bawah, perlengkapan standar pada Full Throttle dan tersedia sebagai aksesori pada model lainnya. Juga tersedia sebagai aksesori adalah Ducati Multimedia System, yang menawarkan kemampuan untuk mengatur musik dan panggilan dengan menghubungkan smartphone ke sepeda motor.