SpeednRide.com – PT Piaggio Indonesia (PID) telah resmi meluncurkan Vespa Elettrica, sebagai solusi kendaraan listrik roda dua premium pertama dari Piaggio Group untuk Indonesia.

Mengusung teknologi dan fitur yang belum pernah ada sebelumnya, Vespa Elettrica disebut dapat memberikan performa dan pengalaman berkendara motor listrik yang andal di segala kondisi.

Perkenalan Vespa Elettrica di Indonesia ini sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang menawarkan model tersebut di kawasan Asia Pasifik.

Untuk memperkenalkan keandalan Vespa Elettrica lebih mendalam, beberapa waktu lalu PT Piaggio Indonesia mengundang para pencinta Vespa untuk melakukan test-ride di Plaza Senayan, Jakarta Selatan.

“Kami membuka kesempatan seluas-luasnya bagi konsumen di Indonesia untuk merasakan pengalaman berkendara premium nan eco-friendly dari Vespa Elettrica yang tidak dapat ditemukan di kendaraan listrik roda dua lainnya,” ujar Ayu Hapsari, BTL, PR and Communications Manager PT Piaggio Indonesia,

Ia berharap, hadirnya Vespa Elettrica dapat menjadi solusi mobilitas terbarukan yang membantu menciptakan masa depan yang lebih baik.

SpeednRide pun ikut penasaran mencoba skuter listrik Vespa tersebut. Begitu kunci kontak dinyalakan, Ayu memberi sedikit pengarahan tentang prosedur apa yang harus dilakukan saat mengendarai skuter listrik ini.

“Informasi di panel indikator motor ini sangat lengkap, untuk menjalankan, tekan tombol merah (on) ini dulu,” jelasnya kepada SpeednRide. Lebih penting lagi, Irvan mengingatkan bahwa tombol ‘ON’ sebaiknya dinonaktifkan saat pengendara sedang berhenti.

Ini untuk menghindari handel gas terputar tanpa sengaja. Setelah dirasa cukup, SpeednRide pun segera mengarahkan skuter listrik tersebut ke area parkir Plaza Senayan. Boleh dibilang, tarikan bawahnya terasa ringan sekali.

Begitu pula saat melintasi tanjakan yang cukup curam, dapat dilalui dengan mudah. Tenaga yang dihasilkan, terasa tetap terisi bahkan ketika motor sempat berhenti sesaat di tanjakan. Tak ada gelaja motor mundur seperti ditemui di beberapa motor listrik lainnya.

Menariknya, Piaggio membekali Vespa Ellectrica dengan 2 pilihan mode pengendara, yakni Eco, dan Power. Adanya 2 pilihan mode tersebut, membuat pengendara bisa menyesuaikan performa skuter listrik tersebut sesuai kebutuhannya.

“Mode tersebut akan memberikan pilihan bagi pengguna, ingin lebih hemat daya atau lebih bertenaga,” kata Ayu. Untuk pengoperasiannya, pengguna dapat mengganti mode berkendara hanya dengan menekan tombol di sebelah kanan setang.

Mode Power sendiri adalah riding mode yang sepenuhnya memanfaatkan tenaga motor. Dengan mode ini pengendara dapat mencapai kecepatan hingga 67 sampai 70 km/jam tergantung kondisi jalan dan bobot pengendara.

Sedangkan Eco mode dimaksudkan untuk menghemat energi, memperpanjang usai baterai dengan membatasi kecepatan hingga 40 km/jam. Saat SpeednRide mencoba dari mode Eco ke Power, terasa ada tambahan tenaga yang cukup signifinikan, tarikannya terasa lebih ‘nendang’ lagi.

Puas mengelilingi area test ride di sekitaran Plaza Senayan, Jakarta Selatan, SpeednRide langsung menuju stand Vespa sebagai tempat pemberhentian. Canggihnya, saat akan memundurkan skuter seharga Rp 190 jutaan tersebut, Vespa Ellettrica memiliki mode Reserve.

“Ini memang berguna untuk memudahkan saat parkir, tinggal pencet tombolnya lalu putar handle gas,” pungkasnya. Namun, demi alasan keamanan, saat menggunakan mode mundur ini kecepatannya dibatasi secara otomatis.

Satu hal yang mencuri perhatian, Vespa ellecrica sudah dilengkapi kabel charger yang tersebunyi di bagian bawah jok, sehingga terkesan rapih. Proses pengisian daya pun mudah, tinggal menarik kabel tersebut lalu mencolok di saklar rumah. Beres! (EPS)