SpeednRide.com – Keren! Satu kata terlontar dari mulut, untuk menggambarkan sosok Hyundai Ioniq 5 ketika berada di hadapan Anda. Bisa dibilang, Ioniq 5 adalah salah satu produk mobil listrik Hyundai, dengan desain paling futuristik yang ada saat ini.

Beruntung, SpeednRide mendapat kesempatan untuk mencoba mobil yang masuk kedalam jenis SUV Crossover tersebut. Bila dilihat, desain ekteriornya sarat garis tegas dan aerodinamis, yang seakan siap membelah angin.

Pada bagian depan, terdapat gril berbentuk strip diapit oleh lampu LED berteknologi Parametric Pixel. Bergeser ke bagian samping, siluet desain dari mobil konsep Hyundai 45 EV yang diperkenalkan pada tahun 2019 begitu kental terasa.

Aura Hyundai 45 EV terasa kental mulai dari fender depan hingga ke bagian belakang. Tampilan samping makin keren, berkat penggunaan velg model full berukuran 20 inci, untuk tipe Ioniq 5 Signature Long Range yang kami coba.

Sementara bagian belakang, terdapat lampu LED berukuran panjang yang menambahkan kesan futuristik. Sebuah sensasi yang berbeda ketika pertama kali membuka mobil tersebut.

Handlenya seakan menyatu dengan bagian pintu. Namun ketika kunci mobil dibuka, maka handle akan otomatis keluar. Salah satu bagian yang menarik dari mobil ini adalah, komponen rangkanya.

Ioniq 5 dibangun menggunakan platform E-GMP yang khusus untuk mobil listrik. Sasis ini selain digunakan oleh Hyundai, juga digunakan oleh mobil listrik keluaran Kia dan Genesis.

Jika boleh jujur, bagian depan dan belakang mobil yang memiliki panjang 4.635 mm, lebar 1.890 dan tinggi 1.605 mm ini adalah bagian favorit SpeednRide. Terlihat sangat ‘sexy’ apalagi dengan nyala lampu yang begitu cantik saat di malam hari.

Puas menikmati desain eksteriornya, SpeednRide pun masuk ke kabin. Kesan futuristik terbawa juga hingga ke bagian dalam Ioniq 5. Selain itu, bagian kabin juga terasa lega berkat desain dasbor yang datar dengan layar monitor berukuran besar.

Menariknya, selain mengadopsi lantai yang juga datar, sehingga memberikan ruang kaki ekstra, konsol bagian tengahnya juga bisa di geser mundur sejauh 140 mm.

Bagian dasbor terpasang sepasang layar berukuran 12 inci. Satu digunakan untuk kluster instrument bagi pengemudi, dan yang lainnya menyediakan semua jenis infotainment bagi penghuni kabin.

Hyundai menyebut bahwa sebagian komponen interior dibuat dari bahan daur ulang. Material jok kulit misalnya, menggunakan lapisan minyak alami biji rami yang semuanya diproses secara ramah lingkungan.

Kursi Ioniq 5 sendiri telah menggunakan tipe semi sport, sehingga dapat ‘memeluk’ tubuh pengendara agar tidak mudah bergeser saat melakukan manuver, namun tetap nyaman. Apalagi posisi duduk dapat diatur secara otomatis, sesuai kebutuhan pengemudi.

Tak perlu waktu lama, SpeednRide bergegas untuk mencoba mobil ini. Seperti mobil listrik pada umumnya, begitu tombol start ditekan, nyaris tidak terdengar suara apapun kecuali hembusan blower AC yang terasa dominan.

Satu hal yang unik, tuas perpindahan posisi transmisi tidak seperti mobil pada umumnya yang berada di konsol tengah. Sebab, pada Ioniq 5 tuas tersebut diletakkan di belakang roda kemudi.

Bicara soal performa, untuk varian Long Range Signature ini memiliki keluaran tenaga hingga 215 dk dengan torsi 350 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui motor listrik, serta motor listrik ini didukung oleh baterai berkapasitas 72,6 kW.

SpeednRide memutuskan untuk membawa mobil ini keliling Bekasi-Jakarta dan menggunakan jalan arteri serta jalan tol. Ini lah saatnya SpeednRide mencoba seluruh mode berkendara.

Mulai dari Eco, Normal hingga Sport. Awal perjalanan, mode Eco dipilih. Mode ini menghasilkan rasa berkendara yang akselerasinya tak terlalu instan.

Mode ini cocok untuk penggunaan di dalam kemacetan kota, karena baterai juga otomatis lebih hemat dan jarak tempuh menjadi lebih jauh. Setelah itu, mode berkendara diubah menjadi normal.

Mode ini, pengendara bisa merasakan sensasi motor listrik yang instan ketika pedal gas diinjak secara tiba-tiba. Nah, saat mode Sport, mobil menjadi sangat agresif dan tenaga terasa menjadi lebih liar. Tampilan layar dasbor pun berubah merah dan terkesan sporty.

Di dalam tol, SpeednRide tergoda untuk menggunakan mode sport. Pedal gas pun diinjak lebih dalam, dan Ioniq 5 sudah mencapai kecepatan tinggi dalam sekejap. Tak disangka akselerasinya mampu membuat tubuh ‘tertendang’ ke kursi.

Satu hal yang perlu diingat, mode normal dan Sporty akan memakan daya baterai cukup banyak, jika tidak mengaktifkan sistem regenerative breaking. Sistem regenerated di Ioniq 5 sendiri ada empat yakni mode 1, 2, 3 dan i-Pedal.

Asyiknya lagi, fitur-fitur keamanan Hyundai SmartSense menambah nyaman pengemudi, terlebih ketika mengaktifkan Smart Cruise Control with Stop & Go Function.

Tinggal menekan tombol di bagian kanan setir lalu mengatur batas kecepatan dan otomatis mobil bisa mempertahankan jarak dengan mobil di depan.

Saat berada di kecepatan tinggi pun terasa stabil dan lincah. Sayangnya, keasyikan tersebut tak berlangsung lama, karena sudah bertemu lagi dengan kemacetan.

Namun itu bukan suatu masalah, karena berada di Ioniq 5 tetap terasa mengasikkan, dengan mendengarkan alunan musik jazz dan hip hop.

Suara vocal, bass, dan nada tinggi, keluar dari sistem audio buatan Bose dengan merdu dan jernih. Suasana kabin pun makin terasa nyaman berkat adanya ambient light yang warnanya bisa diatur, sesuai suasana hati.

Selain dapat memutar musik berkualitas, pada dasbor Ioniq 5 terdapat monitor yang dapat menampilkan navigasi, kondisi mobil, jadwal servis, hingga konsumsi baterai. Semuanya dapat dilihat dan dioperasikan dengan mudah.

Mengenai konsumsi baterai, dalam penggunaan kombinasi, yang mana saat itu SpeednRide lebih banyak melakukan akselerasi, di layar indikator muncul angka 6 – 6,5 km/kWh.

Keluar dari tol, di jalan arteri terdapat kondisi aspal yang kurang mulus, namun suspensi Ioniq 5 dapat meredam dengan baik. Hal itu karena crossover tersebut telah dilengkapi dengan suspensi MacPherson Strut di depan dan Multi-link di bagian belakang.

Keesokan harinya, SpeednRide harus merelakan Ioniq 5 untuk kembali ke markas Hyundai Motor Indonesia. Berbekal semua keunggulannya, mulai dari baterai, motor listrik, kenyamanan, hingga fitur, bisa dibilang, Ioniq 5 adalah crossover listrik canggih, yang nikmat untuk dipakai harian. (EPS)