SpeednRide.com – Turut berpartisipasi dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menampilkan total enam kendaraan yang bakal menyita perhatian pengungung. Selain memajang Hino 500 – FM 340 TH ABS Ultimate Safety, Hino 300 – 136 HD pemadam kebakaran dan skylift serta GB 150 AT dengan bodi Trans Jakarta, terdapat juga dua produk terbaru, yaitu Hino 300 Microbus 115 SDBL 4×4 dan Hino 500 FM 280 JD R Mining Spec. 

“Kami berkomitmen untuk menyajikan solusi transportasi terdepan dengan truk dan bus berkualitas tinggi serta mendukung industri dalam negeri,” ujar Santiko Wardoyo, COO Director HMSI. 

Ia menambahkan, truk dan bus Hino dirancang dengan mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan efisiensi untuk kemajuan bisnis pelanggan. Oleh karena itu, hadirnya dua model baru, akan menjawab sebagal kebutuhan konsumen di Tanah Air. Hino Microbus 115 SDBL 4×4 merupakan bus dengan konfigurasi 4×4 pertama buatan Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia. Berbekal kemampuan 4×4 yang mumpuni, bus ini mampu memberikan traksi maksimal di berbagai kondisi jalan. 

Bahkan, bus ini memungkinkan untuk melewati lumpur, pasir dan batuan yang kerap ditemui di area pertambangan atau perkebunan dengan mudah. Keunggulan lainnya, Hino Microbus 115 SDBL ini telah dilengkapi komponen berkemampuan dan daya tahan tinggi dengan transfer shifting, transfer case, propeller shaft depan dan differential yang dibuat untuk medan berat. 

Dengan segala keunggulan, terutama penggerak roda 4×4 di depan dan belakang, Hino Microbus 115 SDBL ini sangat cocok untuk mendukung operasional antar jemput karyawan di lokasi perkebunan dan pertambangan dengan kondisi jalan off-road.  Produk anyar lainnya, Hino 500 FM 280 JD R Mining Spec, kini hadir dengan tambahan fitur Retarder. Teknologi ini merupakan sistem pengereman tambahan secara Electromagnetic yang mampu memperhambat laju kendaraan di area jalan pertambangan. 

Berbekal fitur tersebut, selain dapat meningkatkan keselamatan berkendara, juga dapat meningkatkan efisiensi dalam penggunaan kanvas rem. Sebagai tenaga penggerak, Hino 500FM 280 JD R Mining Spec dilengkapi mesin Euro 4 J08E – WD.  Mesin tersebut, sanggup menghasilkan tenaga sebesar 280 PS pada putaran mesin 2.500 RPM. Selain itu, truk dengan Gross Vehicle Weigth (GVW) 26 ton ini, memiliki fitur ES Start, yang berguna mencegah kendaraan mundur pada saat berhenti di tanjakan walaupun pedal rem dilepas. 

Ketika kendaraan mulai melaju, maka ES start system akan membantu kelancaran saat melahap jalan menanjak. Makin nyaman, truk ini telah dilengkapi dengan lug tire, power window, door lock, dan pendingin udara (AC). (EPS)