Speednride.com- Mitsubishi Motors Corporation (Mitsubishi Motors), baru saja meluncurkan compact SUV anyar bernama Mitsubishi  XFORCE di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Sebelum seremoni peluncuran yang dilakukan di GIIAS, Mitsubishi Motors telah merilis informasi melalui beberapa teaser sebagai petunjuk dari model produksi dari The New SUV, termasuk desain serta fitur yang disandangnya sehingga membuat banyak orang bertanya-tanya.

Salah satu fitur yang diunggulkan, yakni Dynamic Sound Yamaha Premium. Buat para penikmat audio berkualitas, tentunya fitur ini bakal membawa angin segar, sebab masih belum banyak pabrikan otomotif di Tanah Air yang membekali produknya dengan sistem audio berkualitas tinggi.

Dynamic Sound Yamaha Premium sendiri merupakan sebuah sound system, yang pertama kali dikembangkan dan pertama kali akan disematkan untuk model Mitsubishi Motors, atas kerjasama dengan Yamaha Corporation.

Kolaborasi dengan Yamaha ini bukan tanpa alasan, sebab, Yamaha selalu mempertimbangkan keinginan penyanyi untuk bisa didengarkan oleh pendengarnya seperti apa melalui instrumen musik yang mereka mainkan.

“Jadi, Yamaha jadi tahu dan mengerti, music, artis dan pendengarnya, melalui sentuhan-sentuhan musiknya. Itu yang sangat berbeda dengan perusahaan lain. Jadinya kami memutuskan untuk bekerja sama dengan Yamaha,” ujar Hisashi Sugiyama, Chief Technology Engineer Mitsubishi Motors Corporation.

Ia menambahkan, unggulan audio besutan Yamaha ini tidak hanya akan menyesuaikan volume suara, namun juga kualitas suara. Sistem ini terdiri dari delapan speaker, dengan tweeter depan di pilar A pada kedua sisi, woofer di pintu depan dan speaker koaksial dua arah di pintu belakang.

Mitsubishi Motors  juga telah mengoptimalkan kualitas suara di dalam Mitsubishi XFORCE , diantaranya melalui volume dan kualitas suara yang disesuaikan dengan kecepatan kendaraan.

Sehingga, penumpang dapat menikmati mid dan high yang terdefinisi dengan baik dan bass yang dinamis bahkan di jalan yang kasar. Untuk pengalaman berkendara yang lebih maksimal, sound system juga menawarkan empat tipe suara yang dapat dipilih sesuai dengan selera musik dan suasana hati, serta fitur Speed Compensated Volume (SCV).

Empat tipe suara tersebut adalah Lively, Signature, Powerful dan Relaxing. Menurut Sugiyama, tipe suara Lively dapat membangkitkan semangat dan menggembirakan. “Itulah Lively. Rekomendasi kami, tolong rasakan keagungan suara kami dengan tipe ini,” ungkapnya.

Pada tipe Signature, dapat meningkatkan frekuensi rendah dan tinggi. Tipe ini disetel oleh Yamaha, yang juga merupakan produsen alat musik agar suara halus alat musik dan vokal dapat terdengar dengan jelas. Bila Anda suka dengan musik instrumental, cocok untuk mendengarkan di tipe ini.

Sementara tipe Powerful, dapat meningkatkan frekuensi rendah dan sedikit membatasi frekuensi tinggi. “Saat ingin mendengar suara kuat, mendengarkan dengan tipe ini pasti akan membawa kepercayaan diri. Untuk tipe Relaxing, ini akan meredam frekuensi rendah yang kuat dan frekuensi tinggi,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, Mitsubishi XFORCE hadir di Indonesia dengan dua pilihan varian. Mulai dari Exceed CVT yang dibanderol Rp 379,9 juta dan Rp 412,9 juta untuk varian Ultimate CVT, keduanya adalah harga on The road Jakarta. Kedua varian ini memiliki 6 warna yaitu, Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, Red Metallic. (EPS)