Speednride.com- Pemilik Volkswagen Safari kini mendeklarasikan komunitas bernama Volkswagen Thing Club (VTC). Salah satu foundernya adalah Bambang Soesatyo (Bamsoet) selaku Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat.

Komunitas ini resmi terbentuk di Blakcstone garage, Jakarta Selatan. Sejarahnya, berlatar belakang dari animo dan respon kegiatan Jakarta Auto Classic Meetup (JACMU 2023), Bamsoet melihat perlunya menambah kekuatan dan silaturahmi para antusias mobil VW di Indonesia khususnya dari kalangan para pemilik mobil VW Thing (Safari) ini.

VTC akan mengkoordinir para pemilik dan pemakai Volkswagen Thing (Safari) atau Volkswagen Camat. Komunitas ini juga untuk sharing ilmu dan pengalaman dalam perawatan dan pemeliharaan Volkswagen Thing.

Melalui VTC, para anggotanya juga bisa melakukan berbagai usaha bersama. Seperti mendirikan workshop dan service station representatif untuk memberi pelayanan yang terjamin dalam merawat dan memelihara mobil ini.

“Bekerjasama dengan seluruh workshop dan service station VW di seluruh Indonesia untuk menjamin pelayanan atas perbaikan kendaraan para anggota dengan sebaik-baiknya. Serta mengeluarkan brosur-brosur yang berisi tata cara perawatan dan pemeliharaan Volkswagen, cara mengatasi kerusakan kendaraan dalam keadaan darurat, informasi yang mendetail terhadap kendaraan Volkswagen model baru yang akan di release ke pasaran,” ujar Bamsoet saat deklarasi VTC, di Black Stone Garage, Kebayoran Baru Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Bagi para pemilik Volkswagen Thing (Safari) bisa bergabung ke dalam komunitas Volkswagen Thing Club (VTC) ini. Cara bergabungnya bisa menghubungi admin melalui instagram @volkswagenthingclub dan mengisi data registrasi secara lengkap.

Para pendiri VTC antara lain, Bamsoet, Irjen Pol (purn) Pudji Hartanto Iskandar, Gregory Ray, R. Adi Yuniadi, Arief Gunawan, Liauw Lie Kim, Dito I. Mahardika Jaya, Riono Munaf, Fajar J. Adi, dan Riki Maulana. Pengurus Harian VTC dipimpin Ketua Gregory Ray, Sekretaris Riki Maulana, dan Bendahara Dito I. Mahardika Jaya. Sedangkan di Badan Penasihat, dipimpin Bamsoet. Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto Iskandar, dan Adi Yuniadi.

Sekilas mengenai VW Thing (Safari), Sosok mobil mungkin kurang familiar bagi sebagian orang, karena populasinya tak sebanyak VW Beetle alias VW Kodok atau VW T2 alias VW Kombi. Model yang satu ini punya sejarah yang cukup panjang dan berliku di dunia. Bagi yang kurang familiar, VW Safari ini juga dijuluki sebagai VW Camat karena dulu pernah menjadi kendaraan dinas serta operasional pejabat setingkat camat di Indonesia. VW Safari ini masuk resmi ke Indonesia pada tahun 1970-an.