SpeednRide.com – Produsen ban asal Korea Selatan, Hankook, terus melakukan inovasi dalam produk-produknya. Selain untuk memanjakan konsumen, inovasi juga bertujuan menghadapi persaingan demi wujudkan ambisi menjadi produsen ban terdepan di dunia.

Presiden Direktur Hankook Tire Sales Indonesia Yoon Soo Shin mengatakan, pihaknya tengah fokus mempertahankan kepemimpinan di lini ban kendaraan listrik. Kini, Hankook menandai kehadirannya di pasar ban kendaraan listrik (EV) dengan mengeluarkan Hankook iON.

“Ini (peluncuran ban EV) salah satu strategi untuk menjadikan Hankook sebagai produsen ban tertinggi di dunia. Kami mencoba masuk ke banyak produsen mobil EV dan ini menjadi salah satu strategi kunci,” ujar Yoon saat memperkenalkan ban Hankook Ion Race di Jakarta, Jumat (02/06/2023).

Hankook iON ini sendiri rencananya baru akan dijual pada bulan Juli atau Agustus 2023 mendatang. “Paling cepat segitu nanti Juli atau Agustus 2023. Nanti diimpor dari pabrik Hankook Eropa di Hongaria,” kata Aprianto Yuono, selaku National Sales Manager PT Hankook Tire Sales Indonesia.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki ban ini, misalnya bobot ban lebih ringan ketimbang ban biasa. Sehingga bisa meminimalisir beban energi yang hilang dari motor listrik, dan menghemat sampai 6% penggunaan baterai.

Lalu ban ini lebih senyap, terdapat fitur SoundAbsorber yang mengurangi suara berisik dari jalan hingga 18%. Tidak sampai di sana, material kompon ban ini diklaim lebih awet hingga 15%.

Selain itu, seperti kita ketahui jika torsi mobil listrik sangat besar. Oleh karena itu, memerlukan ban yang mampu memberikan traksi maksimal, dengan daya cengkram maksimal membuat pengendalian mobil pun lebih stabil dan mudah dikontrol hingga 10%.

Sebagai tambahan informasi, selama ini Hankook juga menyediakan pasokan ban untuk model kendaraan listrik dari para produsen mobil global, termasuk BMW i4, Audi Q4 e-tron, Hyundai IONIQ 6, Toyota bZ4X, dan Škoda Enyaq iV. (EPS)