SpeednRide.com – Proyek baru Aprilia Racing, sukses membawa kembali merek Aprilia ke lintasan balap dengan performa optimal dari besutan andalaannya, Aprilia Tuareg 660.

Memulai debutnya bersama Jacopo Cerutti, motor adventure tersebut berhasil mendominasi tiga hari balapan, termasuk dua uji coba pertama pada Italian Motorally Championship dan uji coba pertama di balapan Tricolore Raid TT, yang digelar akhir pekan lalu di Riotorto, Italia.

Duet Tuareg 660 dan Cerutti, seakan tidak memliki pesaing di kategori G-1000, yang dikhususkan untuk mesin silinder berkapasitas selain 600 cc.

Setelah menyelesaikan finish lebih dulu, untuk balapan Raid TT Championship di hari Jumat (07/04), pembalap asal wilayah Como ini berhasil mengalahkan motor enduro bersilinder tunggal yang jauh lebih ringan.

Pada hari Sabtu, Cerutti berhasil berada di posisi kedua dengan perbedaan catatan waktu 25 detik dari pemenang posisi pertama, di mana kemenangan tersebut belum pernah terjadi sebelumnya untuk motor dua silinder.

Sementara itu, pada hari Minggu, Cerutti menempati tempat kelima. Performa ini merupakan bukti fitur dasar off-road yang luar biasa dari Tuareg 660, serta kerja optimal yang dicapai oleh Aprilia Racing dan kolaborasinya bersama konsultan teknis GCorse.

“Saya sangat senang dan tidak menyangka bisa langsung ke puncak klasemen! Pencapaian ini jadi sebuah kebanggaan besar karena menang di debut Tuareg. Kemenangan kami yang bahkan nyaris merebut gelar juara umum jelas membuktikan potensi besar sepeda motor ini,” ujar Jacopo Cerutti.

Selain itu, Aprilia Racing juga menurunkan Tuareg 660 kedua yang dikendarai oleh pembalap Francesco Montanari. Penampilannya di balapan Raid TT mencuri perhatian dengan perolehan finish di urutan ketiga pada hari Jumat.

Hal tersebut membawanya naik ke podium yang juga digunakan pada uji coba pertama Italian Motorally yang diselenggarakan pada keesokan harinya. Sementara itu untuk balapan hari Minggu, Montanari menyelesaikan balapannya di urutan ketujuh akibat terhalang oleh penalti.

“Kami bekerja dengan baik, membuat beberapa perubahan pada suspensi, dan sekarang saya memiliki perasaan yang luar biasa terhadap motor ini. Saya sangat menikmati saat berkendara dengannya,” tutur Francesco.

Dikembangkan oleh Aprilia Racing dengan kolaborasi teknis GCorse dari dua bersaudara Gianfranco dan Vittoriano Guareschi, versi balap Aprilia Tuareg 660 dilengkapi dengan suspensi Öhlins by Andreani, knalpot Titanium SC Project, dan filter udara Sprint Filter khusus.

Kolaborasi dengan Metzeler juga tak kalah menarik, karena mereka mulai melirik dunia sepeda motor jelajah dua silinder dan memilih Aprilia untuk mengembangkan produk untuk masa depan balap dalam reli lintas negara. (EPS)