SpeednRide.com – Rasanya, hampir semua orang di masa kecilnya pernah memainkan balok susun bernama Lego. Mainan yang ditemukan oleh Ole Kirk Kristiansen pada tahun 1932 tersebut, menjadi salah satu mainan legendaris yang eksis hingga saat ini.

Lego yang berbahan plastik, dapat disusun menjadi berbagai macam bentuk, mulai dari gedung, rumah, pesawat, hingga mobil. Nah, dalam rangka merayakan ulang tahun ke-60 tahun, McLaren ternyata juga melakukan kolaborasi dengan Lego.

Produsen supercar asal Inggris tersebut, bermitra dengan Lego Group untuk merilis paket Lego Speed Champions yang menampilkan dua supercar ikonik McLaren, yakni McLaren F1 LM dan McLaren Solus GT.

“Bersama dengan Lego Speed Champions, kami telah menampilkan McLaren F1 LM ikonis dan hypercar terbaru kami, Solus GT yang hanya akan dijual kepada 25 pelanggan dan awalnya diciptakan sebagai mobil konsep game video,” ujar Goran Ozbolt, Chief Designer, McLaren Automotive.

Kedua karya Lego ini, dibuat dengan detail otentik dari mobil aslinya, termasuk warna Papaya Orange dari F1 LM, posisi tempat duduk pengemudi, dan saluran pendingin.

Terlahir dari konsep dunia game virtual, Solus GT versi Lego juga hadir dengan desain kokpit kursi tunggal yang mencolok dan sayap belakang high-downforce.
Set ini berisi 581 bagian dan juga dilengkapi dengan dua minifigure pengemudi LEGO dalam ‘baju balap’ McLaren untuk pria dan wanita.

Setelah selesai dirakit, McLaren F1 GT memiliki tinggi 1,5 inci, panjang 5,5 inci, dan lebar 2,5 inci. Sedangkan, Solus GT memiliki tinggi 1,5 inci, panjang 6,5 inci, dan lebar 3 inci.

Enam puluh tahun yang lalu, pembalap, insinyur, dan visioner kelahiran Selandia Baru, Bruce McLaren mendirikan tim balap di Inggris yang masih menjadi salah satu nama tersukses di dunia motorsport.

McLaren adalah satu-satunya tim yang berhasil memenangkan ‘Triple Crown of Motorsport’ dengan kemenangan balap di Grand Prix Monaco, Indianapolis 500, dan Le Mans 24 Jam.

Di tahun 1960-an, Bruce sendiri mengungkapkan, bahwa M6GT menjadi supercar McLaren pertama yang pernah dibuat.

“Karena tahun 2023 menandai ulang tahun ke-60 McLaren dan gairah pendirinya untuk menciptakan supercar ultimatif, kami merasa ini adalah kesempatan yang sempurna untuk bergabung dengan LEGO dan merayakan beberapa mobil McLaren ikonis yang desainnya berasal dari visi itu,” pungkas Goran.

Kabarnya, Lego Speed Champions McLaren Solus GT dan McLaren F1 LM akan tersedia secara global mulai 1 Maret 2023. Harga dari Set Lego McLaren F1 LM dan Solus GT dibanderol $ 39,99 atau setara Rp 609.000. (EPS)