SpeednRide.com- Pada pameran GIIAS 2022 yang digelar pada pertengahan tahun ini, ada beberapa pabrikan otomotif yang menghadirkan mobil listrik baru rancangan mereka. Salah satu model yang dipamerkan, yakni Kia EV6 GT-Line.

Meski saat itu belum dipasarkan secara resmi, namun banyak pengunjung pameran yang tertarik untuk melakukan pemesanan. Hal itu diungkapkan langsung oleh Marketing and Development Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo.

“Setelah kami perkenalkan di GIIAS 2022, Kia EV6 GT-Line telah mendapatkan respons yang sangat baik dan animo yang tinggi. Kami mendapatkan lebih dari 100 pesanan dari konsumen, meskipun belum mengumumkan secara resmi harga dan ketersediaannya,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Kamis 1 Desember 2022.

KIA sebagai anak perusahaan Indomobil Group dan agen pemegang merek, mengumumkan harga jual resmi dari mobil yang disebut-sebut menjadi kembaran dari Hyundai Ioniq 5 itu. Kia EV6 GT-Line akan dipasarkan dengan harga Rp1,299 miliar, dengan status on the road DKI Jakarta dan sudah termasuk wall charger untuk rumah. Pengiriman unit ke rumah konsumen, diharapkan bisa mulai dilakukan pada awal tahun depan.

Mobil ini dibuat menggunakan platform yang sama dengan Ioniq 5, yaitu New Electric Global Modular Platform alias E-GMP dari Hyundai Motor Group. Ada dua motor listrik yang dipasang untuk menggerakkan semua roda, dengan kekuatan 320 hp serta torsi 605 Newton meter. Dibekali baterai berkapasitas 77,4 kWh yang menggunakan tegangan 800 Volt, Kia EV6 GT-Line dapat menempuh jarak sejauh 506 kilometer sebelum harus diisi ulang daya baterainya.

Proses pengisian daya membutuhkan waktu tujuh jam, apabila menggunakan wall charger berarus AC dengan daya 11 kW. Sementara jika memanfaatkan fitur Fast Charging berarus DC dengan daya 50 kW, durasinya hanya 73 menit dari 10 hingga 80 persen. Kia EV6 GT-Line juga dapat menggunakan pengisian DC Ultra-fast Charging berdaya 200 kW ke atas untuk mengisi hingga 80 persen dalam waktu 18 menit.