SpeednRide– Setelah sempat membuat para pecinta roda dua di Tanah Air penasaran, saat kemunculannya dalam ajang MotoGP Mandalika beberapa waktu lalu, akhirnya PT Piaggio Indonesia resmi meluncurkan jagoan anyarnya, Aprilia SR-GT 200.

Menurut Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia, skuter matik terbaru itu dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atas kendaraan roda dua dengan performa lebih, nyaman, lincah dikendarai, namun tetap memberi tampilan stylish sekaligus sporty di jalanan.

“Skuter premium sporty ini didesain untuk menghadirkan rangkaian teknologi terdepan yang memberikan keseruan dan kenyamanan dalam berkendara di berbagai medan jalan, mulai dari permukaan aspal, beton, jalan berbatu, hingga jalur tanah,” ujarnya saat acara peluncuran di Jakarta, Jumat (16/07/2022).

Baca juga : Ferrari Perkenalkan 296 GTB, Supercar Hybrid Tambah Lagi Di Indonesia

Ia menjelaskan, keunggulan tersebut merupakan buah dari desain yang terinspirasi oleh Enduro World, sehingga menjadikannya teman ideal untuk berpetualang di baik di jalur perkotaan maupun di jalur dengan kondisi tidak terduga.

Sebagai tenaga penggerak, Aprilia SR-GT dibekali mesin silinder tunggal 174cc, dengan injeksi elektronik, empat katup dan pendingin cair. Mesin tersebut, sanggup menawarkan tenaga sebesar 13 kW pada 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7000 rpm.

Selain versi standar, Aprilia SR-GT juga menawarkan versi Sport, yang menawarkan grafis yang lebih sporty. Mengenai harga, Aprilia SR-GT dibanderol Rp 60 juta, sedangkan versi Sport dibanderol Rp 61 juta.

Aprilia SR-GT tersedia dalam tiga warna, Aprilia Black, Street Grey, dan Infinity Blue, masing-masing dipasangkan dengan foot peg, side, dan pegangan tangan penumpang berwarna abu-abu keperakan. Roda dan sadelnya tampil dalam balutan warna hitam dengan jahitan abu-abu.

Sementara untuk versi Sport, hadir lebih dekat dengan corak khas motor sport Aprilia SR-GT ditawarkan dalam skema warna matte Street Gold, Iridium Grey dan Red Raceway. Semuanya berpadu dengan velg bercat merah dan sadel dua warna hitam dan abu-abu yang dilengkapi dengan jahitan merah.

Menariknya, semua model di jajaran Aprilia SR-GT dilengkapi dengan sistem Start & Stop yang dikenal dengan Regulator Inverter Start & Stop System (RISS). Sistem ini menghilangkan starter tradisional, yang diganti dengan perangkat listrik tanpa sikat yang dipasang langsung di poros engkol.

Fitur ini juga secara otomatis mematikan mesin 1 sampai 5 detik setelah skuter berhenti. Sedikit putaran throttle sudah cukup untuk menghidupkan kembali mesin secara instan, dalam keheningan total, karena tidak ada starter tradisional.

“Brand Aprilia selalu berupaya membawa aura dan semangat dari sirkuit MotoGP yang kompetitif dan bergengsi ke jalanan di Indonesia. Salah satunya dengan menghadirkan Aprilia SR-GT 200 sebagai produk terbaru dan paling luar biasa dari keluarga Aprilia,” pungkas Marco. (EPS)